3 Tragedi yang Dialami Suporter Sepak Bola di Indonesia: Tewas Terinjak-injak Hingga Dikeroyok Pendukung Tim Lawan

3 Tragedi yang Dialami Suporter Sepak Bola di Indonesia: Tewas Terinjak-injak Hingga Dikeroyok Pendukung Tim Lawan

Fanatisme suporter sepak bola  di Indonesia memang luar biasa. Para suporter rela untuk mendukung tim kesayangan saat bertanding di kandang sendiri atau di stadion milik lawannya. Kadang perang antar suporter tim yang bertanding semakin memanaskan laga pertandingan. Berikut ada 3 cerita suporter sepak bola yang meninggal dunia saat hendak menonton pertandingan.

1.    Suporter Persija Dikeroyok

Beberapa tahun lalu tepatnya 2018, seorang pendukung klub Persija Jakarta bernama Haringga Sirla meninggal dunia setelah dikeroyok oleh suporter tim Persib Bandung, yang biasa disebut Viking atau Bebotoh. Seperti diketahui Persija dan Persib Bandung adalah dua tim yang yang jadi musuh bebuyutan.

Saat pertandingan berlangsung di Bandung, Jawa Barat, Haringga memberanikan diri datang ke Bandung. Awalnya ia menyamar dan tidak menunjukkan sebagai pendukung Persija. Namun semua berubah ketika ia mengunggah keberadaannya di Bandung dengan kata-kata provokatif.

Keberadaannya diketahui suporter lawan, Haringga dikeroyok di luar stadion sampai meninggal dunia. Polisi menetapkan tersangka sebanyak 7 orang dalam kejadian itu. Selain menjalani proses hukum, para pelaku dilarang datang ke stadion untuk menonton pertandingan sepak bola.

2.    Salah Sasaran

Kejadian hampir sama dengan Haringga dialami oleh suporter bernama Ricko Andrean. Ricko sejatinya adalah suporter Persib Bandung. Namun entah kenapa ia dituding jadi pendukung Persija Jakarta. Akhirnya sekelompok orang melakukan pengeroyokan kepada Ricko sampai meninggal dunia pada 2017.

Ricko yang merupakan pendukung setia Persib Bandung tidak bisa menyelamatkan dirinya. Nasi sudah menjadi bubur. Kejadian itu membuat suporter Persib Bandung jadi sorotan karena kembali melakukan sejumlah ulah di luar lapangan hijau.

3 Tragedi yang Dialami Suporter Sepak Bola di Indonesia (Bola Times)

3.    Terinjak-injak Saat Mau Masuk Stadion

Masih dari Bandung, giliran dua suporter Persib Bandung bernama Ahmad Solihin dan Sopiana Yusup menjadi korban keganasan suporter Indonesia belum lama ini. Mereka memang tidak dikeroyok, namun harus wafat karena terinjak-injak saat berjuang dengan ribuan suporter lain, hendak masuk ke stadion menyaksikan pertandingan Persib Bandung hadapi Persebaya di Piala Presiden.

Diduga keduanya kehabisan napas saat kejadian itu. Sempat dibawa ke rumah sakit, namun nyawa Ahmad dan Sopiana tidak tertolong. Padahal kabarnya mereka sudah membawa tiket masuk. Menurut penuturan keluarga, keduanya sedang tidak enak badan sehingga akhirnya meninggal dunia dalam kejadian memilukan itu.

3 Tragedi yang Dialami Suporter Sepak Bola di Indonesia (Liputan6.com)