Enggak Kalah Megah, Ini Lho Destinasi Wisata Candi di Indonesia Selain Borobudur

Enggak Kalah Megah, Ini Lho Destinasi Wisata Candi di Indonesia Selain Borobudur

Baru-baru ini Pemerintah menetapkan kenaikan harga tiket masuk destinasi wisata Candi Borobudur yang tadinya Rp 50 Ribu, kini menjadi Rp 750 Ribu. Hal ini sempat membuat gaduh sebagian masyarakat Indonesia. Padahal destinasi wisata candi di Indonesia  tidak hanya Borobudur saja, tetapi banyak wisata candi yang tersebar di Indonesia.

Sebagai Negara yang mempunyai sejarah peradaban kerajaan, Indonesia tentu terdapat banyak peninggalan sejarah yang berupa bangunan-bangunan candi. Tidak hanya Borobudur saja, tapi ada tempat wisata berupa Candi lainnya di Indonesia yang tentu tidak kalah megah dengan candi yang telah terdaftar sebagai salah satu keajaiban dunia tersebut.

Kalau kamu ingin berwisata ke tempat bersejarah seperti Candi, berikut ini destinasi wisata candi di indonesia selain Borobudur yang wajib kamu kunjungi.

1. Candi Dieng, Wonosobo Jawa Tengah

Bangunan candi yang terletak di kompleks candi di Dataran Tinggi Dieng dibangun pada masa pemerintahan Kerajaan Kalingga dan dinasti Wangsa Sanjaya. Dengan ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut, candi dengan corak Hindu ini diperkirakan melalui 2 tahap pembangunan, yaitu pada pertengahan abad ke-7 dan awal abad ke-8.

2. Candi Brahu, Mojokerto Jawa Timur

Wisata Candi di Indonesia (via Tirto)

Candi yang didirikan oleh Mpu Sendok ini merupakan peninggalan sejarah Kerajaan Mataram Kuno. Sekitar 45 meter dari Candi Brahu ini, terdapat sebuah prasasti yang menunjukkan bahwa Candi Brahu dibuat atas perintah Raja Empu Sendok dari kahuripan.

3. Candi Sari, Yogyakarta

Wisata Candi di Indonesia (via Acta Surya)

Destinasi wisata candi yang selanjutnya adalah Candi Sari yang berada di Yogyakarta. Candi dengan corak Buddha ini dibangun sekitar abad ke-8 M. Candi Sari ini memiliki banyak kesamaan dengan Candi Kalasan yang dibangun secara bersamaan. Mulai dari arsitektur hingga relief.

4. Candi Sewu, Yogyakarta

Wisata Candi di Indonesia (via Alodia Tour)

Masih dari Yogyakarta, Candi dengan corak Buddha ini terletak sekitar 800 m sebelah utara Candi Prambanan. Meski namanya Candi Sewu, tidak benar-benar terdiri dari seribu bangunan candi. Namun dalam komplek candi ini diperkirakan terdapat 249 bangunan candi.

Nah itu tadi beberapa destinasi wisata candi di Indonesia  selain Borobudur yang bisa menjadi referensi wisata bersejarah kamu.

Wisata Candi di Indonesia (via Saint-D)