Berisiko Kanker, Ini Bahaya Sunscreen SPF di Atas 50

Berisiko Kanker, Ini Bahaya Sunscreen SPF di Atas 50

Sunscreen atau sunblock biasanya digunakan untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet, baik UVA atau UVB. Tapi tentu kamu harus memperhatikan berapa SPF yang terkandung di dalamnya. Karena ada bahaya sunscreen SPF di atas 50  yang mengancam jika digunakan.

Sinar matahari yang berlebihan juga tidak baik. Radiasi UVA dan UVB dapat mengakibatkan dampak langsung pada kulit, seperti penuaan dini, melasma, dan kanker kulit. Karena itu, penggunaan sunscreen juga penting untuk melindungi kulit kamu.

Banyak orang yang menganggap semakin tinggi SPF sebuah produk, maka semakin tinggi pula tingkat perlindungannya. Padahal SPF tinggi hanya memberikan rasa aman yang bersifat sementara dan berbahaya bagi kulit.

Perlu diketahui bahwa penggunaan produk sunscreen dengan SPF tinggi yang tidak tepat dapat menimbulkan bahaya lebih tinggi dibanding dengan produk dengan SPF rendah.

Bahaya Sunscreen SPF di Atas 50 (via Tribunnews)

Melansir Liputan6, menurut Dr. dr. Shannaz Nadia Y., SpKK(K), MHA, dalam Webinar Launching Neotone Prevent SPF 50 dan Neotone Sensitive, mengatakan produk sunscreen dengan SPF tinggi bisa meningkat risiko kanker.

Lagipula perlu diingat bahwa SPF tinggi hanya memberikan perlindungan dari radiasi UVB, dan tidak semua sunscreen dapat melindungi kulit dari radiasi UVA.

Tidak hanya itu, penggunaan produk dengan SPF di atas 50 juga dapat menyebabkan kerusakan kulit jangka panjang yang disebabkan oleh paparan UVB yang lebih besar.

Lantas berapa kadar SPF dalam sunscreen yang cocok untuk kulit orang Indonesia?

Bahaya Sunscreen SPF di Atas 50 (via Hello Sehat)

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin Arini Widodo, seperti dilansir Tempo, sebaiknya kamu memilih sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi yang memiliki perlindungan spektrum luas (PA) untuk melindungi kulit dari radiasi UVA.

Selain itu pilih juga sunscreen yang tahan air selama 40 menit atau 80 menit. Pengaplikasian sunscreen pun harus diulangi tiap 2-3 jam sekali untuk perlindungan optimal.

Sekarang sudah tahu kan kalau bahaya sunscreen SPF di atas 50  itu nyata. Jadi lebih berhati-hati ya. Jangan sampai produk kecantikan justru membuat kamu kesakitan.

Bahaya Sunscreen SPF di Atas 50 (via Alodokter)