Bisa Rusak Mesin Hingga Picu Ledakan, Ini 5 Barang yang Enggak Boleh Masuk Jok Motor

jok motor, traveling, naik motor, otomotif, tips berkendara, tips traveling, tips

Saat ini jok motor memang sengaja didesain sebagai bagasi, sehingga pemilik motor bisa menaruh barang bawaan tanpa harus kerepotan. Namun ternyata ada beberapa barang yang enggak boleh masuk dalam jok motor . Biar kamu lebih berhati-hati, berikut ini 5 barang yang dilarang disimpan dalam jok motor. Biar merusak mesin, lho.

1. Alat Makeup

Buat para perempuan membawa beberapa peralatan makeup itu penting untuk touch up riasan sewaktu-waktu. Tapi jangan disimpan dalam jok motor ya. Suhu panas dalam jok motor bisa bikin alat makeup kamu meleleh. Jika meleleh, dikhawatirkan kandungan kimia makeup masuk ke dalam mesin dan membuatnya rusak.

2. Sayur dan Buah

Benda yang Dilarang Masuk Jok Motor (via KuasaKata)

Barang belanjaan memang lebih praktis kalau dimasukkan ke dalam jok motor. Namun hati-hati, panas suhu dalam jok motor bisa menurunkan kualitas sayur dan buah yang baru saja kamu beli.

3. Parfum

Benda yang Dilarang Masuk Jok Motor (via Merdeka)

Sama seperti makeup, bagi beberapa orang parfum adalah hal penting yang wajib dibawa kemana-mana. Namun jangan sesekali menyimpannya di dalam bagasi jok motor ya. Parfum mengandung bahan yang mudah menguap dan bisa memicu percikan api. Jadi jangan sampai motor kamu terbakar hanya karena lupa menaruh parfum dalam jok motor.

4. Jas Hujan yang Basah

Benda yang Dilarang Masuk Jok Motor (via NOTINO)

Setelah memakai jas hujan sepanjang jalan, sebaiknya kamu jangan langsung menyimpannya ke dalam bagasi jok motor. Karena kondisi bagasi motor yang panas biar membuat kualitas bahan jas hujan punya kamu menurun. Terlebih jika bahan jas hujan kamu adalah polyester.

Jadi sebaiknya jemur dahulu jas hujan hingga kering. Baru kemudian kamu bisa melipat dan menyimpannya kembali dalam jok motor.

5. Barang Elektronik

Benda yang Dilarang Masuk Jok Motor (via Kompas Otomotif)

Kalau kamu membawa benda elektronik, semisal power bank. Sebaiknya simpan dalam tas saja. Karena jika disimpan dalam jok motor, suhu panas di dalamnya bisa memicu ledakan. Hal ini disebabkan jok motor berdekatan dengan mesin, sehingga suhu panas berpotensi terjadi ledakan.

Jadi ternyata ada barang yang enggak boleh masuk dalam jok motor  yang sudah kamu ketahui. Mulai sekarang harus lebih berhati-hati jika ingin menyimpan barang-barang di dalam jok motor. Semoga selalu aman dalam berkendara, ya!

Jok Motor (via ProductNation)