Wanita Asal China Ini Rela Pakai Baju yang Sama 9 Tahun Demi Bisa Hemat

Wanita Asal China Ini Rela Pakai Baju yang Sama 9 Tahun Demi Bisa Hemat

Menabung merupakan kebiasaan yang seharusnya dilakukan pada setiap orang. Tapi, wanita satu ini malah menjadi kontroversi karena menabung.

Wanita tersebut adalah Wang Shenai, wanita asal China yang menjadi perbincangan setelah dirinya memberi tahu bagaimana caranya menabung. Wanita 32 tahun ini dianggap pelit oleh warganet.

Dilansir dari Oddity Central, Wang Chenai diketahui melakukan hal ekstrem ketika menabung. Melalui sebuah wawancara bernama Talking tp Strangers, Wang mengaku menabung 90 persen dari gajinya.

Ia menjelaskan  alasannya mengapa suka menabung. Dulu, Wang mengaku dilahirkan dari keluarga miskin.

Ketika masih kecil, ibu Wang sering menyimpan uang di dalam kulkas. Ketika hendak memberikan uang kepada Wang, ibunya sering melemparkannya ke lantai.

Hal ini dilakukan untuk mengajari Wang bahwa uang tidaklah mudah untuk didapatkan. Pengalaman itu pun membuat Wang memiliki sikap seperti sekarang.

Karena rumahnya yang begitu kecil, Wang mulai bercita-cita untuk memiliki rumah sendiri ketika besar. Ia pun mulai menabung setelah bekerja.

Viral Wang Shenai yang menjadi kontroversi setelah membeberkan caranya menabung yang ekstrem (via odditycentral.com)

Berbeda dari kebanyakan orang yang merasa bahagia ketika berbelanja, Wang mengaku malah bahagia jika menabung. Bahkan, ia sempat merasa cemas ketika harus mengeluarkan uang.

Selama 9 tahun, Wang Shenai dan suaminya menabung 90 persen dari pendapatan mereka supaya bisa membeli rumah. Hal itu pun mereka lakukan selama membesarkan kedua ananya. Lalu setelah 9 tahun, kini Wang bisa membeli 2  rumah sekaligus.

Walau begitu, ada begitu banyak pengorbanan yang ia lakukan. Salah satunya adalah dengan memakai furnitur bekas.

Wang juga menghabiskan uang sekitar Rp223 ribu per tahunnya untuk membeli pakaian dalam. Sedangkan seluruh bajunya adalah pakaian bekas, hasil donasi dari teman-temannya.

Selain itu, Wang juga tak mau jika diajak keluar untuk makan atau minum dengan rekan kerja karena baginya itu terlalu mahal.

Viral Wang Shenai yang menjadi kontroversi setelah membeberkan caranya menabung yang ekstrem (via odditycentral.com)

Pengakuan Wang Shenai selama menabung itu pun menjadi kontroversi. Walau tujuannya baik, tapi banyak orang menilai dirinya sangat pelit.

Meskipun menuai banyak kritik, Wang hanya membalaskan dengan perkataan bahwa ia tak pernah meminta kepada orang lain untuk memenuhi gaya hidupnya.

Wang sendiri bekerja di sebuah perusahaan iklan dan marketing. Di sanalah ia belajar bahwa sebuah brand akan berusaha membuat konsumennya terus menghabiskan uang.

Contohnya, ia menyebutkan banyak anak muda yang awalnya mencoba membeli produk kosmetik. Tapi lama kelamaan, kebutuhan kosmetik mereka meningkat.

Terlepas dari kritikan yang didapatnya, Wang kini menjadi mentor karena pengetahuannya itu. Ia bahkan sering memberikan tips kepada orang-orang yang ingin hidup hemat sepertinya.