6 Olahraga Paling Aneh Di Dunia Dan Cenderung Gak Masuk Akal, Nomor 4 Dikecam Melecehkan Hewan

6 Olahraga Paling Aneh Di Dunia Dan Cenderung Gak Masuk Akal, Nomor 4 Dikecam Melecehkan Hewan

Tahukah kamu kalau di dunia ini ada banyak olahraga  yang terbilang aneh . Selama ini, kita hanya mengenal olahraga umum seperti sepakbola, bola basket, bulu tangkis, bola voli sampai pacuan kuda. Namun ternyata dibalik itu ada beberapa olahraga yang terbilang tidak masuk akal tapi memiliki banyak peminat. Lantas apa saja olahraga aneh di dunia itu? Scroll buat penjelasannya.  

1.    Balap Burung Unta

Pacuan kuda merupakan olahraga umum di banyak bagian dunia. Tapi tidak dengan burung unta. Sebagai informasi, burung unta tidak bisa terbang. Namun jenis burung yang berasal dari Afrika ini bisa berlari sampai 43mph dan menjadi burun tercepat di darat. Jadi tidak heran kalau burung unta dijadikan sebagai salah satu olahraga.

Sama seperti dalam pacuan kuda, seorang joki akan meletakkan pelana dan kendali di burung unta lalu mengendarainya di sekitar lintasan. Ada yang mengatakan kalau olahraga balap burung unta berasal dari Afrika Selatan, namun ada pula sumber yang mengungkapkan bahwa olahraga ini berasal dari Mesir Kuno. Sekarang ini, balapan burung unta diadakan di Afrika Selatan dan sebagian Amerika Selatan.

2.    Cheese Rolling

Foto: Olahraga Aneh (Brilio.net)

Cheese Rolling merupakan kompetisi unik yang digelar di Gloucester, Inggris yang kemungkinan sudah ada sejak abad ke-15. Olahraga ini terbilang aneh karena membuat pemainnya berguling menuruni bukit berumput. Awalnya, sebongkah keju akan digulingkan lalu disusul oleh para pesaing yang berguling setelahnya. Orang pertama yang akan melewati garis finish di bagian bawah mendapat kesempatan untuk memenangkan keju.

3.    Gulat Jempol Kaki

Foto: Olahraga Aneh (USS Feed)

Biasanya gulat menggerahkan seluruh tubuh dengan saling menjatuhkan dan mengalahkan. Namun gulat yang satu ini cukup unik karena hanya mengandalkan kekuatan jempol kaki. Di mana, ada dua orang yang akan mengkaitkan jempol kakinya dan kemudian saling bergulat. Siapa yang berhasil menjatuhkan jempol lawan lebih dulu, dialah pemenangkan. Dalam permainan ini alas kaki harus dilepas. Kejuaraan gulat jempol kaki ini rupanya sudah dimulai sejak 1976.

4.    Legging Musang

Foto: Olahraga Aneh (Tribun Jambi)

Legging Musang atau Ferret Legging yang berasal dari Inggris ini menjadi olahraga yang paling aneh di dunia. Pasalnya, para peserta harus memasukkan dua ekor musang ke dalam celananya dari atas. Tapi, celananya sudah diikat di bagian bawah lalu dikencangkan ikat pinggangnya agar musang tersebut tidak keluar. Kontestan yang mampu bertahan lebih lama akan menjadi pemenangnya.

Ada beberapa peraturan yang menyenangkan diantaranya peserta tidak diperbolehkan untuk menggunakan pakaian dalam dan musang juga tidak boleh dikikir. Selain itu, laki-laki yang memiliki anak harus mendapatkan izin tertulis dari pasangannya sebelum berpartisipasi. Adapun rekor terlama olahraga ini dipegang oleh pensiunan guru berusia 67 tahun di tahun 2010 yakni selama 5 jam 30 menit. Namun, olahraga ini menuai kecaman oleh PETA dan National Ferret School Inggris karena dianggap melecehkan hewan.

5.    Tinju Catur

Foto: Olahraga Aneh (Pinterest)

Catur merupakan salah satu olahraga yang menuntut pesertanya untuk berpikr dan tenang. Sementara tinju adalah olahraga yang memerlukan kekuatan fisik. Lantas bagaimana jika kedua olahraga yang sangat berbeda ini digabungkan?

Memang terbilang tidak masuk akal, tapi faktanya benar-benar ada olahraga chess boxing atau tinju catur. Olahraga ini diciptakan oleh Enki Bilal dan Lepe Rubingh, seorang seniman Perancis dan Belanda. Awalnya, olahraga ini memang hanya untuk pertunjukan seni, tetapi lambat laun menjadi olahraga yang kompetitif.

6.    Gendong Istri

Foto: Olahraga Aneh (YuKepo)

Walaupun terdengar aneh, tapi olahraga menggendong istri atau dikenal dengan istilah wife-carrying benar adanya. Finlandia merupakan negara asal olahraga tersebut. Mungkin kamu mendengarnya seperti romantis, tapi padahal cenderung aneh. Peserta harus mengangkat istrinya dan melewati berbagai rintangan yang tersedia dengan posisi terbalik di bagian bahu. Pasangan yang berhasil melewati garis finish lebih dulu dianggap sebagai pemenang.

Foto: Olahraga Aneh (Tribun Travel)