Stay Positif! Kenali Ciri Lingkungan Toxic dan Cara Menghindarinya

Stay Positif! Kenali Ciri Lingkungan Toxic dan Cara Menghindarinya

Kadang seseorang tidak tahu kalau dirinya sedang berada dalam lingkungan toxic. Bahkan mereka memilih bertahan dalam circle tersebut. Nah biar kamu enggak ikut terseret, yuk kenali seperti apa ciri lingkungan toxic  dan cara menghindarinya.

Hal yang paling mempengaruhi hidup seseorang adalah lingkungannya. Kalau kamu hidup dalam lingkungan toxic, bisa-bisa perkembangan dan kreativitas kamu ikut terganggu.

Ciri-ciri Lingkungan Toxic

Penting sekali mengenali seperti apa ciri lingkungan toxic. Dan kalau kamu enggak mau ikut-ikutan menjadi orang toxic, kamu harus bisa membaca tanda-tandanya.

1. Mereka Tidak Bersimpati Padamu

Lingkungan yang sama sekali tidak mempedulikan apapun tentang dirimu adalah salah satu tanda kamu berada dalam lingkungan toxic. Apa yang terjadi pada dirimu bukan hal penting dalam hidup mereka. Kalau kamu merasakan kondisi seperti ini, sebaiknya cepat-cepat pergi dari pada merasa tertekan sendiri.

2. Suka Memanfaatkan

Ciri Lingkungan Toxic (via winnetnews)

Jika kamu berada dalam lingkungan atau orang-orang yang suka memanfaatkan kamu, berarti mereka adalah circle yang toxic. Mereka hanya memanfaatkan kamu tanpa menghargai kamu sedikit pun.

Padahal dalam suatu kelompok atau pertemanan, saling menghargai satu sama lain adalah hal penting yang bisa memperkuat pertemanan.

3. Meremehkan Kamu

Ciri Lingkungan Toxic (via facetofeet)

Kalau kamu sering diremehkan atau direndahkan, itu artinya kamu tengah berada dalam lingkungan toxic. Mereka hanya melihat kekurangan kamu tanpa peduli hal hebat yang sudah kamu lakukan.

Cara Menghindari

Lantas jika kamu berada dalam lingkungan seperti itu, bagaimana cara menghindarinya agar kamu tidak ikut-ikutan menjadi toxic seperti mereka?

1. Pegang Teguh Prinsip

Ciri Lingkungan Toxic (via bola)

Orang yang memiliki prinsip dalam hidupnya, pasti tidak akan mudah dipengaruhi orang lain. Prinsip hidup akan membuat kamu selalu menjadi orang yang positif.

2. Hindari Obrolan Negatif

Ketika teman-teman di sekitarmu sedang ngobrolin tentang keburukan orang lain, sebaiknya kamu jangan ikutan ya. Menjauhlah, sebelum kamu tertular menjadi tukang gosip seperti mereka.

3. Bisa Memposisikan Diri

Ciri Lingkungan Toxic (via suara)

Jika kamu dalam posisi terpaksa harus bersama mereka dalam suatu urusan, sebaiknya kamu selalu dalam posisi netral, tidak memihak manapun. Saring apa yang mereka bicarakan agar kamu tidak terpancing.

Nah, itu tadi ciri lingkungan toxic  dan cara menghindarinya agar kamu selalu menjadi pribadi yang positif.

Ciri Lingkungan Toxic (via Berkeluarga)