Enggan Disalahkan, Begini Alasan Orang Suka Playing Victim dan Cara Menghadapinya

Mempunyai teman yang suka memutar balikkan fakta memang sangat menyebalkan, lantas apa sih alasan orang suka playing victim dan bagaimana cara menghadapinya?

Memiliki teman yang suka playing victim memang menyebalkan. Dia yang berbuat, tapi justru melempar kesalahan pada orang dan berpura-pura sebagai korban. Lantas sebenarnya apa sih alasan orang suka playing victim ?

Playing victim merupakan tindakan melempar kesalahan pada orang yang tidak bersalah, dan menganggap dirinya adalah korban dari kesalahan tersebut.  Ini merupakan tindakan memutar balikkan fakta. Lantas kenapa ada yang orang suka playing victim? Berikut ini alasannya.

Penyebab

Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang suka playing victim. Bisa karena dari pengalaman masa lalu hingga keinginan manipulatif.

1. Trauma

Alasan pertama yang menyebabkan seseorang suka playing victim adalah karena adanya pengalaman trauma dimasa lalu. Rasa trauma ternyata bisa membuat seseorang suka playing victim karena tidak mau disalahkan atas apa yang terjadi. Namun bukan berarti playing victim yang disebabkan karena trauma itu dibenarkan ya.

2. Manipulatif

Alasan Orang Suka Playing Victim (via Lemonilo)

Playing victim bukan saja terjadi karena adanya faktor trauma, namun juga karena kesengajaan. Ada orang yang memang ingin memanipulasi keadaan sehingga terlihat dia sebagai korban. Biasanya ini bertujuan untuk menarik simpati, rasa iba, atau hal lain yang diinginkan.

3. Mencari Keuntungan

Alasan Orang Suka Playing Victim (via KONTAN)

Alasan lain orang suka playing victim adalah karena nyaman dan merasa diuntungkan dengan keadaan tersebut. Maka dia merasa ketagihan dan ingin diposisi yang sama dalam semua keadaan.

Cara Menghadapi

Lalu bagaimana cara menghadapinya? Playing victim adalah kebiasaan buruk yang merugikan orang lain. Maka dari itu harus dihadapi dengan cara yang bijak.

1. Beritahu Dengan Tegas

Alasan Orang Suka Playing Victim (via Brilio)

Jika kamu merasa terganggu dengan sikap playing victim yang dilakukan temanmu, maka sebaiknya beritahu dia secara langsung dan tegas. Dengan begitu, dia akan berhenti bersandiwara seolah-olah dia adalah korban untuk menarik perhatian orang lain.

2. Jangan Memberikan Perhatian

Alasan Orang Suka Playing Victim (via Suara)

Orang yang bersikap playing victim biasanya suka diperhatikan. Untuk menghadapi orang seperti itu, sebaiknya kamu tetap tenang dan jangan memberikan perhatian berlebih. Dengan begitu dia tidak akan besar kepala karena berhasil menarik simpati seseorang.

3. Menjaga Jarak

Alasan Orang Suka Playing Victim (via Sociolla)

Jika kamu memiliki teman yang suka melakukan playing victim sebaiknya menghindar sejauh mungkin. Bukan bermusuhan, hanya saja jangan terlalu dekat. Karena bisa-bisa kamu dijadikan tertuduh selanjutnya oleh dia.

Nah, itu tadi alasan orang suka playing victim  dan cara menghadapinya. Jangan lupa untuk tetap bersikap tenang dan menahan emosi ketika menghadapi orang seperti ini ya. Agar kamu tidak masuk ke dalam dramanya.

Alasan Orang Suka Playing Victim (via Diadona)