Melihat Rumah Mantan-mantan Presiden Indonesia, Ada yang Harganya Ratusan Miliar dan Pakai Lift

Mantan Presiden Indonesia memiliki rumah pribadi yang cukup besar. Siapa yang bangunannya paling megah?

Banyak masyarakat yang mengetahui lokasi rumah mantan Presiden  di Indonesia. Namun sayang dari 6 mantan Presiden, hanya Soekarno yang mengaku tidak memiliki rumah pribadi. Hal itu terungkap dalam buku “Bung Karno, Penyambung Lidah Bangsa Indonesia”.

Sang penulis Cindy Adams menuliskan ucapan Soekarno yang mengatakan jika memiliki rumah pribadi berarti bertentangan dengan pendiriannya yakni tidak mau mengambil sesuatu dari rakyat Indonesia.  “Aku satu-satunya presiden di dunia ini yang tidak punya rumah sendiri. Baru-baru ini rakyatku menggalang dana untuk membuatkan sebuah gedung buatku. Tapi di hari berikutnya aku melarangnya. Ini bertentangan dengan pendirianku. Aku tidak mau mengambil sesuatu dari rakyatku. Aku justri ingin memberi mereka,” ujar Soekarno. Berikut rumah pribadi 5 mantan Presiden Indonesia selain Soekarno.

1.    Soeharto

Soeharto memiliki rumah pribadi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Cendana Nomor 8. Rumah besar itu berada di kawasan strategis dan dekat dengan rumah-rumah anak-anak Soeharto lainnya. Soeharto sebenarnya diberikan kebebasan untuk tinggal di Istana Negara selama jadi Presiden. Namun dia memilih tinggal di ruma pribadinya.

Keputusan itu tentu bukan tanpa alasan. Ada rumor yang menyebut Soeharto memilih rumah dibandingkan istana karena hal kejawen yang dekat dalam kehidupannya. Dilansir dari Merdeka, ternyata alasan Soeharto karena keluarganya. “Saya bukan tidak mau tinggal di istana, melainkan demi kepentingan dan kebaikan keluarga. Untuk kepentingan anak-anak agar tidak terpisahkan dari masyarakat, saya memilih tinggal di luar istana,” kata Soeharto.

Melihat Rumah Mantan-mantan Presiden Indonesia, Siapa yang Paling Megah (Kompas.com)

2.    BJ.Habibie

Rumah Presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie terletak di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan. Sejak masih jadi Presiden sampai akhirnya meninggal dunia di tahun 2019, Habibie tinggal di rumah tersebut. Rumah itu cukup luas dan besar, di dalamnya ada perpustakaan besar dan hiasan dinding, termasuk lukisan istri Habibie, Ainun Habibie di salah satu sudut rumah.

Di rumah tersebut terdapat sebuah ruangan di bagian depan rumah yang dijadikan tempat Habibie menerima tamu. Di dalam ruangan itu ada miniatur pesawat terbang yang identik dengan sosok Habibie. Habibie ternyata mengoleksi mobil antik yang diparkir di bagian basement rumah.

Melihat Rumah Mantan-mantan Presiden Indonesia, Siapa yang Paling Megah (Merdeka.com)

3.    Abdurrahman Wahid

Abdurrahman Wahid atau Gus Dur memiliki rumah yang cukup asri di kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan. Jika rumah pejabat biasanya di kawasan elit Jakarta Pusat atau Jakarta Selatan, berbeda dengan Gus Dur yang memilih untuk tinggal di kawasan pinggiran Jakarta. Udara di kawasan itu memang masih segar di pagi hari dan cukup tenang. Mungkin kala itu Gus Dur ingin mencari ketenangan.

Rumah Gus Dur memiliki halaman yang luas di bagian depan rumah. Bangunan rumah memang memiliki sentuhan modern namun tidak menghilangkan sisi tradisionalnya, seperti model pintu gebyok khas Jawa yang berada di pintu masuk rumah. Di ruang tamu rumah terdapat beberapa hiasan yang bisa membuat tamu tenang dan nyaman.

Melihat Rumah Mantan-mantan Presiden Indonesia, Siapa yang Paling Megah (Liputan6.com)

4.    Megawati Soekarnoputri

Presiden ke-5 Indonesia, Megawati Soekarnoputri tinggal di rumah kawasan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat. Ketua Umum PDI Perjuangan itu sudah cukup lama tinggal di rumah itu. Sebenarnya Megawati juga memiliki rumah di Jakarta, tepatnya di kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan.

Dilansir dari beberapa sumber, rumah Megawati di Menteng memiliki pekarangan yang cukup luas. Garasi rumah juga berukuran besar sehingga bisa muat beberapa mobil koleksi Megawati. Ruang tamu rumah cukup nyaman bagi para tamu yang datang ke rumah itu untuk bersilaturahmi. Bagian ruang makan kerap didatangi tamu DAN keluarga untuk makan bersama.

Melihat Rumah Mantan-mantan Presiden Indonesia, Siapa yang Paling Megah (Kompas.com)

5.    Susilo Bambang Yudhoyono

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebenarnya lama tinggal di kawasan Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Namun setelah dirinya lengser sebagai Presiden, negara memberikan hadiah sebuah rumah kepada SBY yang berada di Jalan Kuningan Timur VII Jakarta Selatan, sebagai tanda jasa selama 10 tahun jadi Presiden.

Tentu harga rumah tersebut sangat mahal. Dilansir dari Kompas.com, kabarnya rumah tersebut memiliki harga mencapai Rp 300 miliar dengan luas tanah sekitar 5.000 meter persegi. Rumah SBY ditempati pada pertengahan 2017 silam.Memang penampakan rumah sangat mewah dengan konsep minimalis modern. Kabarnya di rumah itu terdapat lift yang bisa digunakan penghuni rumah.

Melihat Rumah Mantan-mantan Presiden Indonesia, Siapa yang Paling Megah (Line Today)