5 Jajanan Yang Wajib Ada Saat Hari Raya Idul Fitri, Kamu Paling Suka Yang Mana Nih?

5 jajanan yang wajib ada di momen Lebaran atau Idul Fitri, mulai dari nastar sampai kue kacang.

Momen Hari Raya Idul Fitri  atau Lebaran  merupakan waktu yang paling dinantikan umat Muslim. Setelah berpuasa selama 30 hari, seluruh pemeluk agama Islam akan menyambut hari kemenangan. Perayaan ini menjadi momen yang pas untuk menjalin tali silahturahmi antar keluarga.

Selain makanan khas lebaran yang disiapkan, ada juga jajanan yang akan disuguhkan di meja yang juga tidak boleh ketinggalan untuk menyambut para tamu. Berikut ini 5 jajanan yang umumnya wajib disediakan di meja untuk menyambut para tamu.

1.    Nastar

Nastar selalu menjadi jajanan lebaran yang wajib ada di meja untuk menyambut tamu di hari idul fitri. Kue kering dengan isian nanas ini, memiliki cita rasa yang manis serta renyah di bagian luarnya. Sebenarnya membuat nastar cuku mudah, kamu hanya perlu menyiapkan adonan kue seperti umumnya mulai dari tepung terigu, mentega dan telur. Tapi beberapa orang memilih cara cepat dengan membelinya baik di toko tradisional maupun toko online.

2.    Kastangel

Foto: Jajanan Lebaran (Brilio.net)

Jajanan lebaran selanjutnya yang juga tidak pernah absen dari meja setiap rumah adalah kastangel. Memadukan cita rasa gurih dan asin karena berbahan dasar keju, membuat kastangel jadi favorit semua orang, terlebih untuk mereka yang sedang mengurangi konsumsi gula. Rasa kastangel juga tidak membuat eneg jika konsumsi terlalu banyak. Proses pembuatannya juga terbilang sederhana, sehingga banyak orang akan menghadirkan jajanan ini sebagai pelengkap suguhan saat hari raya.

3.    Putri Salju

Foto: Jajanan Lebaran (Kompas)

Kue kering putri salju juga menjadi salah satu jajanan yang tidak boleh ketinggalan saat Hari Raya Idul Fitri. Selain punya nama unik, kue putri salju juga begitu menarik karena berbentuk bulan sabit dengan diberi taburan gula halus diatasnya. Rasanya yang manis dan legit, menjadikan kue ini selalu jadi favorit untuk anak-anak yang berkunjung di rumah. Saking disukainya, kue ini pasti menjadi yang pertama habis saat disuguhkan.

4.    Kue Kacang

Foto: Jajanan Lebaran (Femina)

Kue kering ini juga tidak kalah lezat dan gurihnya dibandingkan kue kering lainnya. Kue kacang tanah adalah sejenis kue kering yang berbahan dasar kacang tanah dengan berbagai varian bentuk, seperti bentuk bulat, hati, ataupun bulan sabit yang diatasnya diolesi kuning telur lalu kemudian dimasukan ke dalam oven hingga bewarna kuning keemasan dan gurih. Selain gurih, kue ini juga digemari karena rasa manis dan tekstur kacangnya yang sedikit kasar.

5.    Semprit Sagu

Foto: Jajanan Lebaran (Pinhome)

Teksturnya renyah dan lembut serta meleleh di mulut menjadikan kue semprit sagu sebagai jajanan favorit saat Lebaran. Kue kering lebaran ini terbuat dari tepung terigu dengan tekstur yang khas serta bercita rasa manis serta legit. Jadi enggak heran kalau banyak orang akan mengisi toples mereka dengan kue semprit sagu ini.

Foto: Jajanan Lebaran (Tribun)