5 Tradisi Lebaran Unik di Berbagai Negara, Indonesia Juga Ada!

Setiap negara ternyata memiliki tradisi unik saat merayakan lebaran. Bagaimana cara warga negara lain menyambut hari kemenangan? Simak di sini!

Berakhirnya Bulan Ramadan, itu artinya kita sudah siap menyambut lebaran yang fitri dengan sukacita. Dan momen tersebut tentunya ikut dirayakan oleh semua muslim di dunia dengan cara berbeda dan unik.

Di Indonesia biasanya momen lebaran dirayakan dengan saling bersilaturahmi ke rumah sanak saudara atau teman. Tapi ternyata ada banyak tradisi lebaran unik di berbagai negara lainnya yang diadakan untuk turut memeriahkan momen hari raya. Lantas seperti apa sih tradisi lebaran unik di berbagai negara untuk meramaikan hari raya?

1. Menyiapkan Makanan Tradisional di Kosovo

Di Kosovo, hari raya dikenal dengan istilah hari Bajram. Pada hari itu orang-orang akan bangun lebih pagi dan menyiapkan makanan tradisional, yaitu Borek dan beberapa makanan penutup lainnya seperti pudding, baklava, dan lain-lain.

2. Seker Bayrami di Turki

Tradisi Unik Lebaran di Berbagai Negara (via Swiss Contact)

Idul fitri di Turki dikenal dengan Ramazan Bayrami (Festival Ramadan) atau Seker Bayrami (Festival Permen). Seker Bayrami adalah hari libur nasional pada hari terakhir Ramadan. Pada perayaan Seker Bayrami, semua orang akan mengantarkan manisan ke rumah-rumah tetangga terdekat setelah melakukan sungkeman.

3. Tradisi Lempar Telur di Afghanistan

Tradisi Unik Lebaran di Berbagai Negara (via Malang Times)

Tradisi lebaran unik lempar telur atau biasa disebut dengan Tokhm-Jangi ini ada di Afghanistan. Setelah melaksanakan salat Idul Fitri, semua lelaki harus berkumpul di tanah lapang dengan membawa telur ayam yang sudah direbus. Kemudian, setiap orang akan saling memecahkan telur rebus milik orang di dekatnya. Dan pemenangnya adalah orang dengan kulit telurnya tak pecah hingga akhir lomba.

4. Melukis Henna di India

Tradisi Unik Lebaran di Berbagai Negara (via Ayo Bandung)

Penduduk muslim di India akan merayakan Chaand Raat yang jatuh di malam terakhir Ramadan. Pada malam tersebut, mereka akan pergi keluar untuk berbelanja dan mengenakan pakaian tradisional, serta menghiasi tangan mereka dengan henna.

5. Mudik dan Sungkem di Indonesia

Tradisi Unik Lebaran di Berbagai Negara (via Kompas)

Bagi warga Indonesia, merayakan Lebaran tidak akan sah tanpa berkumpul bersama keluarga. Karenanya, mereka yang tinggal berjauhan akan memilih mudik alias pulang kampung demi merayakannya dengan keluarga. Di kampung halaman, ada pula tradisi sungkem, di mana yang lebih muda akan menunduk dan mencium tangan orang yang lebih tua untuk saling memaafkan.

Wah, ternyata tradisi lebaran unik di berbagai negara cukup menarik, ya. Kalau kamu biasa apa yang kamu lakukan saat lebaran? Yuk tulis pengalamanmu di kolom komentar!

Tradisi Unik Lebaran di Berbagai Negara (via Liputan6)