4 Wisata Religi Kekinian dan Instagramable, Cocok untuk Mengisi Libur Lebaran Nih!

Biasanya libur lebaran banyak dihabiskan ke tempat wisata bersama keluarga, kali ini kamu bisa mencoba mengunjungi wisata religi kekinian yang unik dan tentunya tak kalah menarik.

Kalau biasanya libur lebaran dihabiskan dengan rekreasi ke tempat wisata seperti pantai, waterpark atau puncak. Namun libur lebaran kali ini kamu bisa coba mengunjungi destinasi wisata religi kekinian  yang unik dan tentunya instagramable dong.

Di Indonesia banyak tempat wisata religi yang bisa dikunjungi, seperti masjid, pondok pesantren, atau ziarah ke makam wali.

Selain melepas penas, wisata religi biasanya bertujuan untuk lebih mendekatkan diri pada Sang Maha Pemberi dan juga mengingatkan kita bahwa hanya kepadaNya-lah semua kembali. Selain itu bisa juga membuka wawasan tentang sejarah islam di Indonesia.

Nah, bisa jadi referensi kamu pas liburan nanti. Berikut ini 4 wisata religi kekinian sekaligus instagramable buat mengisi libur lebaran kamu. Apa saja?

1. Masjid Al-Akbar Surabaya

Bagi warga Surabaya masjid yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Masjid dengan kubah berwarna biru ini merupakan masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal Jakarta.

Tidak hanya sebagai tempat ibadah dan pusat dakwah saja. Masjid yang dibangun di atas lahan seluas 11,2 hektare ini memiliki bentuk bangunan yang cantik dan instagramable banget. Bahkan tidak jarang masjid ini digunakan untuk foto prewedding, lho.

2. Masjid Namira Lamongan

Wisata Religi Kekinian (via Wikipedia)

Masjid Namira di Lamongan ini memiliki suasana mirip dengan masjid yang ada di Arab Saudi. Kalau biasanya kamu berwudu dengan cara berdiri, di sini kamu bisa berwudu di atas dudukan batu berlapis keramik.

Di depan mihrab imam, ada potongan tirai penutup pintu Ka’bah asli sejak tahun 1420 Hijriah. Masjid ini juga enggak kalah instagramable, lho.

3. Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh

Wisata Religi Kekinian (via BANGSAONLINE)

Masjid yang dibangun di atas lahan seluas 2500 meter2 ini terletak di kota Semarang dengan nama asli Masjid Safinatun Najah. Berbentuk perahu, masjid dengan bangunan 3 lantai ini memiliki 6 pintu masuk di sisi kanan dan kiri.

Dengan ukuran panjang 50 meter, lebar 17 meter, dan tinggi 14 meter membuat Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh ini instagenic banget.

4. Rumah Alm Kh Ali Mursyid Madiun

Wisata Religi Kekinian (via Solopos)

Destinasi wisata religi kekinian dan instagramable yang terakhir adalah Rumah Alm Kh Ali Mursyid Madiun. Lokasinya berada di dekat gedung DPRD Kabupaten Madiun, tepat di simpang tiga barat gedung DPR.

Uniknya, di area lokasi wisata ini terdapat tempat ibadah 5 agama yang berdiri berdampingan. Dan di setiap rumah ibadah terdapat ornamen menarik yang instagenic banget.

Nah, itu tadi destinasi wisata religi kekinian  dan instagramable yang bisa kamu masukkan list ke dalam daftar tempat untuk mengisi libur lebaran kamu.

Wisata Religi Kekinian (via Surya)