Pelan-Pelan Saja, Ini Tips Mengajarkan Anak Puasa Ramadan Penuh Sampai Magrib

Bagi yang mempunyai anak kecil di rumah, tips mengajarkan anak puasa ramadan penuh hingga maghrib ini wajib disimak agar bisa mengajarkan puasa yang baik dan benar.

Mengajarkan anak puasa Ramadan penuh  sampai magrib memang tidak mudah. Namanya saja anak-anak, belum terbiasa berpuasa pasti akan susah menjalaninya. Namun sebagai orangtua wajib untuk membiasakannya sejak dini agar nanti ketika sudah baligh mereka sudah terlatih berpuasa.

Tapi jangan tergesa-gesa ya. Ajarkan anak puasa Ramadan pelan-pelan saja. Nah, untuk itu kamu wajib mengikuti tips mengajarkan anak puasa Ramadan penuh sampai magrib berikut ini.

1. Lakukan Bertahap

Langkah pertama yang dilakukan orangtua adalah mengajarkan anak puasa secara bertahap. Buat tabel keberhasilan dari hari pertama Ramadan hingga akhir. Jika mereka berhasil puasa meski setengah hari berikan bintang. Hal ini akan membuat anak senang dan bangga atas apa yang telah mereka lakukan.

2. Berikan Contoh

Mengajarkan Anak Puasa Ramadan Penuh (via Yoursay)

Anak-anak adalah peniru ulung. Jadi sebagai orang tua wajib untuk mencontohkan bagaimana puasa yang baik. Misalnya puasa tidak hanya menahan haus dan lapar tapi juga menahan amarah.

Nah, kamu bisa menunjukkan bahwa kamu tidak marah-marah selama berpuasa meski mereka melakukan kesalahan. Dengan begitu mereka tahu seperti apa puasa yang baik.

3. Ajak Anak Beraktivitas

Mengajarkan Anak Puasa Ramadan Penuh (via KlikDokter)

Meski tidurnya orang puasa itu berpahala, namun jangan ajarkan pada anak untuk tidur sepanjang hari saat puasa. Itu juga tidak baik karena akan membuat badan terasa lemas.

Kamu bisa mengajak anak-anak beraktivitas yang tidak terlalu menguras tenaga agar mereka merasa waktu melesat begitu cepat. Tahu-tahu sudah buka puasa deh.

4. Sediakan Makanan Favorit Saat Berbuka

Mengajarkan Anak Puasa Ramadan Penuh (via Akurat)

Menyajikan makanan favorit si kecil saat berbuka puasa tidak ada salahnya. Anggap saja itu adalah reward kecil karena mereka sudah berhasil berpuasa hari itu.

5. Berikan Pujian

Mengajarkan Anak Puasa Ramadan Penuh (via Bhayangkari)

Selain menghidangkan makanan favorit, memberi pujian karena mereka sudah berhasil berpuasa juga boleh lho. Itu juga bisa membuat mereka merasa bangga.

Semoga tips mengajarkan anak puasa Ramadan penuh  sampai magrib tadi berhasil kamu praktekkan ya. Ingat, pelan-pelan saja karena anak-anak hanya berlatih bukan wajib puasa.

Mengajarkan Anak Puasa Ramadan Penuh (via Orami)