10 Wisata Ekstrem di Indonesia, Nomor 7 Paling Berbahaya! Berani Coba?

10 Wisata Ekstrem di Indonesia, Nomor 7 Paling Berbahaya! Berani Coba?

Indonesia memang memiliki ragam wisata yang tidak ada habisnya untuk dikunjungi. Dari sekian banyaknya pilihan wisata, wisata ekstrem bisa menjadi pilihan bagi kamu yang gemar menantang adrenalin. Meski memiliki pemandangan yang indah dan lazim dikunjungi, destinasi wisata ini merupakan tempat-tempat yang berbahaya, lho.

Mulai dari pemakaman kuno, sungai yang deras, air terjun, pantai, kereta gantung, paralayang hingga cliff jumping, semuanya memiliki level berbahaya yang cukup tinggi. Meski demikian, berlibur ke sini bisa membantumu untuk melepas penat.

Selain itu, wisata ekstrem ini juga bisa memberikan pengalaman baru, khususnya bagi kamu yang tinggal di kota besar. Seperti 10 wisata ekstrem ini contohnya. Berani untuk mengunjunginya?

Berikut daftar wisata ekstrem di Indonesia seperti dirangkum dari Pegipegi, Senin (25/4/2022). Simak, ya!

1. Curug Kembar Baturraden

10 wisata ekstrem pertama di Indonesia adalah Curug Kembar Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Di sana, kamu bisa freediving dengan keindahan batu-batuan gunung di dalamnya. Curug ini pas buat kamu yang suka menyelam di bawah air lantaran tidak terlalu dangkal ataupun dalam.

2. Mentawai

Daftar wisata ekstrem di Indonesia selanjutnya adalah di Kepulauan Mentawai. Bahkan spot selancar paling menantang juga terletak di kepulauan yang berada di Sumatera Barat ini. Deburan ombak setinggi 1,5 hingga 4,5 meter yang ekstrem menjadi daya tarik utama.

Mentawai memiliki 72 titik lokasi selancar dengan 49 titik masuk dalam kategori eksklusif. Pesona ombak di Mentawai pernah membuat mendiang Paul Walker datang untuk menjajalnya.

3. Goa Jomblang

Terletak di Desa Pacarejo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogjakarta, Goa Jomblang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Berbeda dari goa lainnya, goa ini sangat sulit untuk diakses. Dibutuhkan teknik penurunan tali tunggal untuk memasuki gunung ini.

Oleh karena itu, pihak pengelola membatasi jumlah pengunjung agar tidak terjadi kecelakaan. Di dalam goa, kamu bisa menikmati tumbuhan endemic yang telah melalui proses evolusi akibat minimnya cahaya matahari.

4. Pegunungan Kapur Citatah

Berlokasi di Pegunungan Kapur Citatah, Jawa Barat, Panjat Tebing Citatah menawarkan sensasi yang nggak biasa. Dengan ketinggian tebing mencapai 100 meter, wisatawan akan dihadapkan dengan permukaan batu yang tajam dan lapuk.

5. Paralayang Matantimali

10 Wisata Ekstrem di Indonesia (Superlive.id)

Wisata paralayang ada banyak di Indonesia. Namun, yang paling ekstrem hanya di Matantimali, Palu. Lepas landas dari Pegunungan Matantimali, kamu bisa merasakan sensasi terbang dari ketinggian 1000 meter. Paralayang Matantimali juga dinobatkan sebagai lokasi terbaik se-Asia Tenggara.

6. Blue Lagoon

Di Blue Lagoon Cliff Jumping, Bali, wisatawan bisa melompat dari sebuah tebing berketinggian 13 meter. Namun, saat melakukan cliff jumping, kamu harus menunggu sampai ombak tenang lantaran terbilang ganas.

7. Pantai Timang

10 Wisata Ekstrem di Indonesia (Superlive.id)

Pantai Timang menghadirkan wisata ekstrem berupa kereta gantung. Berbeda dari kereta gantung lainnya, di sini kamu bisa menjajal kereta gantung yang terbuat dari kayu kemudian ditarik menggunakan tenaga manusia.

Berada di ketinggian 50 meter dan jaraknya sejauh 100 meter, kereta gantung ini akan melintasi laut sehingga deburan ombak akan membasahi tubuh. Menariknya, wisata ekstrem ini pernah dijadikan lokasi syuting Running Man, lho.

8. Pemakaman Trunyan

Wisata ekstrem satu ini nggak disarankan untuk mereka yang penakut dan tidak tertarik dengan hal-hal mistis. Berlokasi di Bangli, Bali, Pemakaman Trunyan akan menyambut wisatawan dengan dua penjaga, yang satu guide yang satu lagi bermain gamelan.

Saat memasuki area pemakaman, kamu akan menemui tengkorak manusia berserakan, wujud dari manusia yang meninggal dan dimakamkan di sana.

9. Green Canyon

Terletak di Pangandaran, Jawa Barat, kamu bisa menjajal arung jeram. Wisata ini termasuk ekstrem lantaran harus menerjang arus sungai deras sepanjang 1 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih lima jam. Perlu tetap hati-hati agar terhindar dari kecelakaan.

10. Sungai Alas

Salah satu arung jeram yang paling ekstrem terletak di Sungai Alas, kaki Gunung Leuser, Aceh. Dikelilingi hutan rimba, sungai ini memiliki jeram dengan medan berkelok. Selain itu, saat arung jeram, kamu bisa bertemu satwa liar, dari burung, rusa, monyet dan gajah.

Tertarik mencoba? Mau yang mana, Gengs?

10 Wisata Ekstrem di Indonesia (Pantainesia)