Boleh Dicoba Nih! Begini Tips Anti Telat Bangun Sahur

Ini tips anti telat bangun sahur yang bisa dicoba agar tidak terlewatkan sunnah Nabi sebelum melakukan puasa, dan puasamu bisa lancar hingga akhir.

Sahur adalah salah satu sunah yang sangat dianjurkan Nabi Muhammad Saw saat berpuasa. Namun tidak jarang orang telat bangun sahur  karena terlalu lelap tertidur hingga tidak mendengar alarm berbunyi.

Sahur biasanya sering terlewat karena waktunya yang memang sangat pagi, padahal sahur sangat penting untuk dilakukan. Selain untuk menjaga kesehatan, keutamaan sahur adalah terdapat keberkahan didalamnya.

Nah, biar kamu enggak telat bangun sahur. Berikut tips yang bisa banget lho kalau mau dicoba.

1. Jangan Begadang

Tidur terlalu larut juga bisa membuat kamu telat bangun sahur. Usahakan tidur tepat waktu atau paling lambat jam 10 malam. Dengan begitu kamu bisa bangun sahur tepat waktu dan bisa makan sahur dengan tidak terburu-buru.

2. Set Alarm Tepat Waktu

Tips Anti Telat Bangun Sahur (via Gaya Tempo)

Ada orang yang memasang alarm jauh lebih awal dari waktu sahur, namun tujuannya bukan untuk segera bangun. Melainkan untuk tidur kembali. Sebenarnya maksudnya baik, agar ketika waktunya tiba dia bisa segera bangun.

Namun hal itu malah akan membuat kamu tidak mendengar alarm berikutnya. Jadi lebih baik set alarm tepat waktu. Misalnya jam 03.00, dan langsung bangun tanpa banyak memencet tombol snooze.

3. Jangan Minum Kopi

Tips Anti Telat Bangun Sahur (via Times of India)

Kopi adalah salah satu minuman yang mengandung kafein. Nah, ini sebaiknya kamu hindari minum kopi setelah larut malam karena itu akan menyulitkan kamu untuk tidur lelap. Kamu bisa minum kopi lepas buka puasa.

Usahakan untuk langsung mengonsumsi kopi setelah makan agar bisa tidur tidak terlalu malam.

4. Taruh Ponsel Jauh Dari Tempat Tidur

Tips Anti Telat Bangun Sahur (via Kompas Health)

Scroling medsos sebelum tidur memang seru, tapi salah satu penyebab sulit tidur adalah terlalu lama scrolling ponsel. Kamu akan sering lupa waktu saat bermain ponsel dan akhirnya kamu akan tidur terlalu malam. Inilah yang menyebabkan kamu telat bangun sahur.

Jadi sebaiknya kamu hindari beberapa penyebab yang bisa membuat kamu telat bangun sahur , ya. Sahur itu penting, agar kamu tidak lemas saat puasa keesokan harinya.

Tips Anti Telat Bangun Sahur (via Kontroversinews)