Ingin Merasakan Sensasi Jadi Keluarga Keraton? Cobain 5 Penginapan Tradisional di Yogyakarta Ini

Ingin Merasakan Sensasi Jadi Keluarga Keraton? Cobain 5 Penginapan Tradisional di Yogyakarta Ini

Yogyakarta memang terkenal sebagai Kota Budaya. Walaupun perkembangan zaman begitu pesat, kota ini masih memegang erat nilai budaya Jawa yang masih begitu kental dalam setiap sudutnya.

Nah, kalau kamu berkunjung ke Yogyakarta, berikut beberapa rekomendasi penginapan bertema tradisional yang bikin liburanmu makin berkesan. Suasananya yang kental dengan budaya Jawa mampu membuatmu serasa seperti keluarga Keraton, lho!

Mana aja nih? Yuk, cekidot!

1. Yabbiekayu Eco Bungalows

Yabbiekayu Eco Bungalows paling pas buat kamu yang mengidamkan penginapan tradisional dan ramah lingkungan. Sesuai namanya, penginapan ini mengusung eco-design dengan menggunakan unsur natural.

Suasana sekitar Yabbiekayu Eco Bungalows pun terasa begitu asri dengan banyak ditumbuhi pepohonan hijau. Cocok banget buat menepi dari hiruk pikuk perkotaan.

Lokasinya ada di Jalan Tembi, Timbulharjo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Rate harga per malamnya sekitar Rp700 ribu.

2. Rimbono Homestay

Yabbiekayu Eco Bungalows (Booking.com)

Dari Bantul, sekarang kita bergeser ke Kulon Progo. Kali ini ada penginapan bernama Rimbono Homestay. Penginapan ini merupakan homestay tertua yang ada di Kulon Progo, lho. Bangunannya terbuat dari kayu sehingga tampak estetik.

Buat kamu yang ini berlibur, Rimbono Homestay menawarkan paket wisata dan atraksi alam sekitar. Keberadaan kebun teh dan air terjun yang tak jauh dari penginapan ini membuatnya menjadi daya tarik yang tak boleh dilewatkan!

Lokasinya ada di Nglinggo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Rate harga per malam sekitar Rp300 ribu.

3. Joglo Mandapa Boutique Hotel & Resto

Rimbono Homestay (Booking.com)

Kalau mau menginap tak jauh dari pusat kota, Joglo Mandapa Boutique Hotel & Resto jadi jawaban yang tepat buat kamu. Meski tak persis berada di pusat kota, kamu tetap bisa menjelajah tempat wisata populer dengan mudah. Misalnya saja, ke Taman Sari hanya berjarak 5 km dan kawasan Malioboro kurang dari 7 km.

Hotel bergaya tradisional Jawa ini juga dilengkapi beberapa fasilitas menarik. Di antaranya seperti restoran di ruang terbuka beratap kayu, kolam renang, bar, dan gazebo cantik yang menghiasi sudut penginapan.

Lokasinya ada di Dusun Kembaran, Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakart. Rate harga per malam Rp350 ribu.

4. Kampoeng Joglo Boutique Hotel

Joglo Mandapa Boutique Hotel (Booking.com)

Pindah ke sisi Utara Yogyakarta, yuk! Kali ini kita akan menuju Kampoeng Joglo Boutique Hotel. Saat masuk ke Kampoeng Joglo Boutique Hotel, pengunjung dapat merasakan nuansa Jawa yang sangat kental. Sesuai namanya, penginapan ini memiliki bangunan rumah adat Yogyakarta atau joglo.

Nggak cuma ada satu bangunan joglo aja, kamu akan melihat beberapa di sini. Masing-masing joglo dihiasi dengan ukiran dan pahatan yang membuatnya terkesan artistik sekaligus mewah.

Lokasinya ada di Jalan Kaliurang KM 10.5, Gadingan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Rate harga per malam Rp600 ribu.

5. Villa Pondok Joglo

Kampoeng Joglo Boutique Hotel (Booking.com)

Masih di pusat kota, Villa Pondok Joglo mempunyai desain dan arsitektur bangunan Jawa klasik. Bangunannya didominasi kayu berwarna cokelat yang menampilkan kesan artistik dan minimalis.

Terdiri dari 3 ruang kamar tidur, vila ini pas menjadi pilihan menginap bersama keluarga atau teman-teman. Kamu juga bisa bersantai di taman nan sejuk dan kolam terbukanya, lho!

Lokasinya ada di Jalan Ngadinegaran Gang Melati Nomor MJ/99, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta. Rate harga per malam Rp1,8 juta.

Beragam pilihan penginapan di atas bisa kamu jadikan rekomendasi kalau ingin liburan ke Yogyakarta sembari nostalgia nuansa tempo dulu. Di antara kelima penginapan tersebut, mana yang paling menarik hatimu, Gengs?

Villa Pondok Joglo (Booking.com)