Bikin Pizza Brokoli, Yuk! Camilan Rendah Kalori yang Menyehatkan

Bikin Pizza Brokoli, Yuk! Camilan Rendah Kalori yang Menyehatkan

Pizza merupakan makanan khas Italia yang sangat populer di Indonesia dan digemari banyak orang. Apalagi satu porsi pizza berisi aneka topping yang bikin makan jadi kalap.

Dilansir dari Nutritionix, kadar kalori yang terdapat pada satu iris pizza bisa mencapai 285 kalori, lho! Buat yang lagi menurunkan berat badan, makan pizza bisa menggagalkan rencana diet, nih.

Nah, kalau kamu ingin menyantap pizza tapi kalori di dalam tubuh tetap terjaga, bikin pizza brokoli yang mudah dibuat di rumah aja, deh. Siapkan catatan dan jangan lupa untuk mengikuti resep dan cara membuat pizza brokoli berikut ini, ya!

Bahan-Bahan:

- Bahan untuk saus pizza:

100 gram tomat

5 lembar daun basil

1/3 wortel

1/4 bawang bombay

1 sdm saus tomat

2 sdm minyak zaitun

1/4 sdt garam

Resep Membuat Pizza Brokoli (IDN Times)

- Bahan untuk pizza crust:

500 gram brokoli

1/4 cangkir keju mozzarella

2 butir telur

1/4 sdt lada bubuk

1/4 sdt garam

1/4 sdt parsley kering

1/4 sdt basil kering

1/4 sdt oregano

Resep Membuat Pizza Brokoli (IDN Times)

- Bahan untuk topping pizza:

keju mozzarella secukupnya

sosis secukupnya

bawang bombay secukupnya

Resep Membuat Pizza Brokoli (IDN Times)

Cara Membuat:

1. Cuci bersih tomat, lalu potong kecil-kecil. Siapkan panci, masukkan tomat, minyak zaitun, garam, wortel, dan bawang bombay yang sudah dicincang ke dalamnya. Masak selama 20 menit, hingga semua bahan saus tercampur rata.

2. Selanjutnya, kalau rasanya kurang asam, kamu boleh tambahkan saus tomat dan jangan lupa masukkan daun basil, ya. Kemudian, haluskan saus menggunakan food processor supaya mendapatkan hasil yang lembut.

3. Lanjut. Cuci brokoli dengan air mengalir, lalu potong menjadi beberapa bagian. Siapkan panci untuk mengukus. Kalau sudah mendidih, kukus brokoli selama 15 menit.

4. Setelah itu, angkat dan tunggu beberapa menit sampai brokoli menjadi dingin dan hancurkan brokoli dengan bantuan food processor. Siapkan wadah, masukkan brokoli yang sudah dihaluskan beserta bahan tambahan untuk membuat pizza crust. Aduk rata.

5. Siapkan loyang, lalu lapisi bagian bawahnya dengan kertas roti. Letakkan adonan pizza crust di atasnya dengan membentuk lingkaran.

6. Kemudia masukkan loyang ke dalam oven yang sudah dipanaskan. Panggang selama 20 menit dengan suhu 204 derajat Celcius. Jika sudah matang, angkat dan pizza crust siap dihias dengan berbagai topping.

7. Oles pizza crust dengan saus sebanyak 3 sendok makan atau lebih. Tambahkan keju mozzarella, potongan sosia, dan irisan bawang bombay di atasnya.

8. Berikutnya, panggang kembali selama 10 menit dengan suhu 204 derajat Celcius. Angkat dan potong menjadi beberapa bagian. Nah, pizza brokoli siap untuk dihidangkan dan disantap bersama keluarga, deh.

Karena rendah kalori, pizza brokoli cocok dijadikan camilan untuk pejuang diet. Kamu tertarik untuk mencoba membuat pizza brokoli nggak, nih? Dijamin enak dan menyehatkan, lho!

Resep Membuat Pizza Brokoli (IDN Times)

Resep Membuat Pizza Brokoli (IDN Times)