Masih Muda Tapi Sudah Ubanan? Gak Usah Panik, Begini Cara Mengatasinya

Masih Muda Tapi Sudah Ubanan? Gak Usah Panik, Begini Cara Mengatasinya

Munculnya uban menjadi salah satu dari penuaan rambut. Tapi, hal ini gak selalu menandakan bahwa kamu sudah tua, ya guys. Sebab, rambut beruban juga bisa dialami oleh yang berusia muda karena adanya faktor perubahan pola hidup.

Nah, kalo kamu saat ini sudah beruban, gak perlu cemas! Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

# Menjaga Kebersihan Kulit Kepala

Menurut dermatologist, ketombe juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya uban. Maka itu, penting banget nih buat kamu menjaga kebersihan kulit kepala dari usia muda. Bisa dengan cara rutin keramas, menggunakan sampo anti ketombe atau melakukan perawatan dengan metode alami.

# Mengatur Pola Makan

Cara mengatasi ubanan saat usia muda (pexels.com)

Faktor lain yang membuat timbulnya uban di usia muda adalah karena pola makan yang buruk. Kita tahu kalo anak muda seringkali melakukan diet demi menjaga bentuk badan.

Tapi siapa sangka, diet berlebihan justru malah memicu tubuh kekurangan gizi dan menimbulkan penuaan dini pada rambut. Maka itu, penting banget kamu untuk mengatur pola makan agar nutrisi tubuh bisa terpenuhi dengan baik.

# Rutin Perawatan Rambut

Merawat rambut secara rutin juga bisa menurunkan resiko penuaan dini rambut. Agar mencegah tumbuhnya uban, kamu bisa melakukan perawatan rambut dengan cara alami dan mengurangi pemakaian bahan kimia.

# Mengurangi Stres

Cara mengatasi ubanan saat usia muda (beautynesia.com)

Terakhir adalah dengan mengurangi stres. Munculnya uban di usia 20-an biasanya disebabkan oleh adanya tekanan berlebihan yang dialami para anak muda.

Stres merupakan salah satu penyebab munculnya penuaan dini pada rambut. Maka itu, mengurangi stres bisa mencegah timbulnya uban sebelum waktunya.

Cara mengatasi ubanan saat usia muda (beautynesia.com)