Kalo Liburan ke Kota-Kota Ini, Mampir Deh ke Taman Kotanya... Keren Banget!

Kalo liburan ke kota-kota ini, mampir deh ke taman kotanya. Keren banget. Betah, pengennya gak pulang!

Kalo liburan ke kota-kota ini, mampir deh ke taman kotanya. Keren banget! Soalnya, taman kota di kota-kota besar ini emang kece banget.

Kebanyakan, taman-taman kota ini udah dibuat sejak lama, usianya udah tua malah. Dirancang emang buat berkumpul warga kotanya saat akhir pekan. Atau emang sekadar buat melepas penat selepas kerja.

Di taman-taman kota yang keren banget ini, kalian juga bisa berekreasi dan berbaur dengan warga setempat untuk santai. Betah deh pasti. Makanya, kalo liburan ke kota-kota ini, mampir deh ke taman kotanya... keren banget.

1. Golden Gate Park, San Francisco

Taman Golden Gate terletak di utara kota San Francisco (SF), California, Amerika Serikat (AS). Luasnya mencapai 400 hektar lebih. Dan taman ini adalah jantung kota SF.

Setiap tahun, taman ini dikunjungi lebih dari 13 juta pengunjung. Di dalemnya, ada banyak atraksi yang bisa dikunjungi kalian kalo dateng ke sini. Mulai dari Museum De Young, taman bertema Japanese Tea Garden, hingga konservasi bunga.

Di sana, kita bisa nyusurin atau piknik di bawah pohon meadow. Bisa juga ke Danau Stow, atau main ke Ocean Beach di ujung taman ini. 

Kawasan Japanese Tea Garden di Taman Golden Gate (goldengatepark.com)

2. Central Park, Kota New York

Taman Pusat Kota New York ini udah terkenal banget. Dia terletak persis di jantung pulau Manhattan, Kota New York, AS. Taman ini terkenal banget karena sering jadi lokasi syuting berbagai film Hollywood juga.

Luas taman ini mencapai 315 hektar. Yang keren, taman ini kayak membelah pulau Manhattan yang dipadati gedung-gedung tinggi di sekelilingnya. Kita bisa olahraga di sana, kalo warga setempat mungkin berjemur, rekreasi, atau sekadar santai aja gitu.

Central Park di tengah Kota New York (duanestreethotel.com)

3. Namba Parks, Osaka

Taman kota ini terletak di kawasan Namba, Osaka, Jepang. Taman ini juga dikepung gedung-gedung tinggi di seantero Osaka yang padet banget.

Begitu masuk taman ini, kita bisa ngerasain suasana yang berbeda deh. Soalnya, ada beberapa teras, canyon, taman sayur-mayur, air terjun buatan, sampe kluster bebatuan.

Taman ini juga terkoneksi dengan sejumlah bangunan. Misalnya Stasiun Namba, jadi kalo kita mau gerak lagi, tinggal jalan aja ke stasiun itu naik kereta lagi. Kemana gitu kek.

Tamannya bertingkat-tingkat gengs (greeningthepipeline.com.au)

4. Shanghai Houtan Park, Shanghai

Taman kota ini dibangun sejak tahun 2010 lalu. sebelumnya, lahan untuk taman ini digunakan untuk lokasi gelaran Shanghai World Expo 2010. Lokasinya pun di pinggir Sungai Huangpu.

Kawasan ini kini berubah jadi kawasan hijau yang teduh. Semua tertata apik di sini. Mau nyantai bisa, mau olahraga bisa, mau ikutan taichi bisa, dan melihat pemandangan kota Shanghai, China, yang super-sibuk.

Keren banget taman kota di Shanghai (contemporist.com)

5. Chapultepec Park, Kota Meksiko

Kota Meksiko punya Taman Chapultepec yang katanya udah ada semenjak jaman Suku Astec dulu. Taman kota ini sering digunakan warga kota untuk nyantai. Kebiasaan ini pun masih sama seperti di jaman peradaban Suku Aztec silam.

Taman yang terletak di ibu kota Meksiko ini punya kompleks air terjun dan kanal bikinan Suku Aztec. Namanya Baths of Moctezuma. Untuk keliling taman, kita bisa pake segway juga nih. Terus, ada juga kebun binatang serta museum yang gratis dikunjungi tiap hari Minggu.

Taman kota di Kota Meksiko, Meksiko (tripsavvy.com)

6. Hyde Park, London

Waduh, taman kota ini terkenal banget deh. Hyde Park berada di jantung kota London yang sibuknya minta ampun. Meski begitu, Hyde Park bisa dikunjungi hingga jutaan orang tiap tahun karena keindahannya.

Taman ini dibuat oleh keluarga Kerajaan Inggris. Biar ada pemandangan hijau gitu di tengah kota London, Inggris. Makanya lokasinya gak kira-kira satu kompleks lah dengan Istana Buckingham.

Kita bisa nyantai, rekreasi, melepas penat, atau nonton konser juga. Berenang di danaunya juga bisa loh, katanya sih gitu.

Hyde Park, London, terkenal banget kalo ini mah (hydeparksubdivision.com)

7. Jardin des Tuileries, Paris

Taman kota ini juga terletak di jantung kota Paris, Prancis. Taman ini sejalur dengan Musee de Louvre yang terkenal itu. Serta berada di pinggiran Sungai Seine yang romantis. 

Oke banget buat santai di sini. Soalnya, taman ini udah dibangun sejak abad ke-16 silam. Taman ini juga punya sejarah panjang. Dan oke banget kalo nongkrong di bawah pohon-pohonnya yang dipotongin kotak-kotak itu.

Sebenernya masih banyak sih taman kota yang keren banget lainnya. Jadi, kalo liburan ke kota-kota ini, mampir deh ke taman kotanya... keren banget. Di Tanah Air juga gak kalah seru kok. Tunggu ulasan selanjutnya ya.

Tuh, asik banget kan taman kotanya (en.parisinfo.com)