Biodata Sundar Pichai, Bos Google Berdarah India Amerika yang Pernah Hidup Susah

Biodata Sundar Pichai, Bos Google Berdarah India Amerika yang Pernah Hidup Susah

Berbeda dengan bos Metaverse, Mark Zuckerberg, dan Bos SpaceX, Elon Musk. Nama Sundar pichai tidak terlalu populer. Padahal ia adalah CEO google.

Perjalanan hidupnya adalah contoh prestasi bagi orang India dan dunia. Jika ada ucapan, “Bermimpilah setinggi-tingginya,” itu benar-benar dilakukan oleh Sundar Pichai.

Anak laki-laki sederhana dari India ini bahkan berhasil membuktikan bahwa mimpi setinggi langit itu bisa didapatkan jika kita mau berusaha. Meski perjalanannya memiliki banyak pasang surut, sekarang ia telah mengoperasikan mesin pencari terbesar di dunia.

Penasaran dengan kisah perjalan Bos Googel Sundar Pichai? Yuk, simak artikel ini sampai akhir!

# Biografi Sundar Pichai

Sundar Pichai memiliki nama asli Pichai Sundararajan. Ia lahir di negara bagian Tamil Nadu di Madurai, pada 12 Juli 1972.

Raghunath Pichai, ayah Pichai, adalah insinyur listrik. Ia bekerja sebagai pegawai swasta di Chennai. Ayahnya kerap berbagi cerita tentang tantangan pekerjaannya yang selalu menginspirasi Sundar Pichai. Lakshmi, ibunya, adalah seorang stenografer.

Sundar Pichai dan Jokowi (otoproid.com)

Sundar Pichai menyelesaikan Kelas 10 dan 12  dari Sekolah Jawahar Vidyalaya dan Vana Vani di Ashok Nagar, Chennai. Ia menyelesaikan sekolah tekniknya (B.Tech) di cabang Teknik Metalurgi dari IIT Kharagpur.

Pichai kemudian menyelesaikan Magister Sains dari Stanford University di Material Sciences and Engineering College. Setelah itu, ia mengejar MBA dari Wharton School di University of Pennsylvania.

# Karier Sundar Pichai di Google

Sundar Pichai muda (gadgetsnow.com)

Setelah lulus MBA, ia kemudian bekerja untuk McKinsey and Company dalam bidang konsultasi. Dia berusaha sebaik mungkin di bidang teknik dan manajemen produksi di Applied Materials selama masa pra-kariernya sebelum bergabung dengan Google.

Sunder Pichai kemudian bergabung dengan Google pada tahun 2004 dan mengerjakan produk-produk trendi seperti Google Gears, Google Toolbar, dan Google Pack sebelum peluncuran Google Chrome. Google mencatat bahwa bilah alat meningkatkan pencarian pengunjung dan pengguna.

Pada tahun 2008, Sunder Pichai direkrut sebagai wakil presiden sektor produksi dan pengembangan. Dia juga meluncurkan browser Chrome dan dikejar oleh Chrome OS pada tahun 2009.

Sunder Pichai menjadi wajah terkenal Google dan mendapatkan sorotan publisitas di presentasi Google sejak tahun 2008.

Sundar Pichai lalu menambahkan android ke produk Google. Pada tahun 2011, Pichai mengepalai Jive Software hingga 2013 (Juli). Sunder Pichai diangkat sebagai CEO baru Google pada 10 Agustus 2015.

Sundar Pichai dan istri (inet.detik.com)