Bikin Stik Singkong Renyah, Camilan Enak Buat Santai Sore

Bikin Stik Singkong Renyah, Camilan Enak Buat Santai Sore

Banyak camilan praktis dan murah yang bisa kita buat untuk dijadikan camilan pendamping minum teh atau kopi saat sedang bersantai sore hari. Salah satunya stik renyah yang dibuat dari singkong.

Kalau biasanya kita menggunakan kentang, kali ini kita ganti dengan singkong. Nikmatnya nggak jauh beda, kok. Berikut resep camilan stik singkong kriuk yang mudah dan murah meriah.

Bahan-Bahan:

250 gram singkong

1/2 bungkus tepung serbaguna

100 ml air

1 batang daun bawang, iris-iris

minyak goreng secukupnya

bumbu tabur secukupnya

Stik Singkong Renyah (Fimela.com)

Cara Membuat:

1. Ambil singkong dan kupas bagian kulitnya, lalu potong memanjang berbentuk stik. Untuk ukuran dan jumlahnya dapat disesuaikan dengan selera. Kamu juga bisa menggunakan parutan khusus untuk memotong kentang agar lebih praktis.

2. Setelah itu, cuci potongan singkong menggunakan air hingga benar-benar bersih. Sisihkan.

3. Masukkan potongan singkong ke dalam kukusan yang sudah dipanaskan. Kemudian, kukus singkong kurang lebih selama 30 menit atau hingga empuk dan matang. Jika sudah, angkat dan pindahkan ke dalam wadah.

4. Masukkan tepung ke wadah dan tuangkan air. Kemudian, aduk hingga tercampur rata dan menjadi adonan basah. Panaskan minyak goreng agak banyak di wajan, agar nantinya singkong dapat matang dengan merata.

5. Gulingkan singkong kukus ke adonan basah, masukkan ke dalam wajan berisi minyak panas. Goreng singkong dengan api sedang hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

6. Masukkan singkong goreng ke dalam stoples dan beri bumbu tabur. Kocok-kocok hingga singkong tercampur rata bersama bumbu. Stik singkong kriuk pun siap untuk dinikmati dengan secangkir teh hangat.

Resep stik singkong kriuk di atas sangat mudah diterapkan, bukan? Kamu bisa mencobanya untuk dijadikan referensi camilan saat bersantai di rumah. Selamat mencoba, ya!

Stik Singkong Renyah (Fimela.com)