5 Perpustakaan Anti-Mainstream di Dunia

Tempat membaca buku yang sejatinya terlihat membosankan, namun perpustakaan anti-mainstream berikut ini akan membuatmu tertarik tentunya. Penasaran?

Ketika mendengar kata 'perpustakaan', yang pasti terbayang di benak setiap orang adalah sebuah tempat yang hening, tenang, bersih, dan buku-buku yang tertata rapi. Jika selama kamu tidak begitu tertarik dengan suasana seperti itu, ada baiknya untuk tahu 5 perpustakaan anti-mainstream di dunia  berikut ini.

1. Haskell Free Library

Haskell Free Library berada tepat di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada. Uniknya lagi, koleksi buku perpustakaan ini tidak ada di bagian Amerika Serikat, melainkan ada di seberang perbatasan Quebec. Ada lebih dari 20.000 buku dalam bahasa Prancis dan Inggris.

2. Baku Museum of Miniature Books

Perpustakaan Anti-Mainstream di Dunia (via Architectural Digest)

Berlokasi di Baku, Azerbaijan, ini adalah satu-satunya museum atau perpustakaan di dunia yang berisi buku-buku mini, spesial dalam sastra Eropa Timur dan Eurasia. Di sini juga tersimpan tiga buku terkecil di dunia, yaitu berukuran 2mm x 2mm dan hanya dapat dibaca dengan kaca pembesar.

3. Picture Book Library Japan

Perpustakaan Anti-Mainstream di Dunia (via The Guardian)

Picture Book Library di Iwaki, Jepang, didesain oleh arsitek Tadao Ando khusus untuk anak-anak. Dibuat agar setiap sampul bukunya bisa terlihat jelas. Perpustakaan ini penuh warna dan dianggap oleh paradigma baru dalam bidang pendidikan di Jepang oleh banyak orang.

4. Epos Book Boat (Buku Mengapung)

Perpustakaan Anti-Mainstream di Dunia (via Florian Cafe)

Perpustakaan ini bukan berada di sebuah bangunan, melainkan di dalam kapal. Sebanyak lebih dari 50.000 buku berkeliling ke pulau-pulau di Hordaland, Sogn og Fjordane, dan Møre og Romsdal di Norwegia.

5. Denver Zine Library

Perpustakaan Anti-Mainstream di Dunia (via Knaggen.no)

Bertempat di Denver, Colorado, Amerika Serikat, perpustakaan ini merupakan perpustakaan zine terbesar di dunia. Koleksinya ada lebih dari 15.000 zine dari seluruh dunia, lho!

5 perpustakaan anti-mainstream di dunia  ini memiliki keunikannya masing-masing. Mana yang paling ingin kamu kunjungi?

Perpustakaan Anti-Mainstream di Dunia (via Atlas Obscura)