Dijamin Aman! Ini Nih Cara Mengatasi Asam Urat Tanpa Obat

Bagaimana cara mengatasi asam urat tanpa obat yang aman dan bisa dilakukan di rumah, sehingga tidak ketergantungan. Simak ulasan berikut ini!

Tidak selalu dengan obat. Ada kok cara mengatasi asam urat tanpa obat  yang aman dan bisa kamu lakukan di rumah. Cukup ikuti aturannya, dan kadar asam urat dalam darah dapat kembali normal.

Asam urat merupakan sejenis radang sendi yang bisa menyebabkan gejala nyeri tak tertahankan, pembekakan, dan munculnya rasa panas di area persendian, seperti jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Sebagian orang dengan penyakit asam urat akan merasa lebih nyaman pada area persendian mereka setelah mengkonsumsi obat asam urat. Namun tidak melulu obat, ya. Mengutip Medical News Today melalui Kompas, berikut ini cara mengatasi asam urat tanpa obat. Simak baik-baik, ya.

Batasi Makanan Kaya Purin

Purin adalah senyawa yang secara alami terkandung pada beberapa makanan, seperti alkohol, makanan tinggi lemak, daging sapi, unggas, tiram, udang, lobster, serta makanan dan minuman manis.

Proses metabolisme makanan yang kaya akan purin akan menyebabkan tubuh memproduksi asam urat terlalu tinggi.

Konsumsi Lebih Banyak Makanan Rendah Purin

Cara Mengatasi Asam Urat Tanpa Obat (via Lifepal)

Cara mengatasi asam urat tanpa obat yang kedua adalah dengan mengkonsumsi makanan rendah purin seperti produk susu rendah lemak dan bebas lemak, selai kacang, buah, sayuran, kopi, nasi gandum, roti, dan kentang.

Hindari Obat-Obatan Yang Meningkatkan Kadar Asam Urat

 

Cara Mengatasi Asam Urat Tanpa Obat (via SehatQ)

Siapa sangka ternyata ada obat-obatan tertentu yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Obat-obatan tersebut seperti obat diuretik, seperti furosemide (Lasix) dan hidroklorotiazid, obat yang menekan sistem kekebalan tubuh, terutama sebelum atau sesudah transplantasi organ, dan aspirin dosis rendah.

Menjaga Berat Badan Ideal

Cara Mengatasi Asam Urat Tanpa Obat (via SehatQ)

Obesitas nyatanya dapat meningkatkan resiko penyakit asam urat. Karena itu menjaga berat badan ideal dapat membantu mengurangi resiko penyakit asam urat.

Nah itu tadi cara mengatasi asam urat tanpa obat  yang bisa kamu lakukan sendiri dan dijamin aman. Selamat mencoba, ya.

Cara Mengatasi Asam Urat Tanpa Obat (via Hello Sehat)