Catat! Ini Daftar Obat Covid-19 yang Terbukti Tidak Ampuh

Menurut pakar IDI ada beberapa obat covid-19 yang terbukti tidak ampuh lagi dan sebaiknya tidak dikonsumsi untuk pasien yang terpapar virus corona.

Sejak awal tahun 2022, kasus covid-19 di Indonesia kembali meningkat. Namun bukan berarti kita boleh mengkonsumsi sembarang obat covid-19. Karena menurut pakar IDI, ada obat covid-19 yang terbukti tidak ampuh lagi . Ada lima organisasi kedokteran yang menerbitkan pedoman tatalaksana covid-19 terbaru untuk pasien covid-19.

Menurut Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dr Sally Aman Nasution, terdapat obat-obatan baru yang bisa dulu masuk dalam tatalaksana, namun sekarang sudah tidak termasuk lagi dalam daftar. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini obat covid-19 yang terbukti tidak ampuh lagi. Catat, ya.

Ivermectin

Ivermectin adalah obat covid-19 yang tugasnya membunuh parasit seperti cacing dan kutu rambut. Karena tidak disetujui oleh WHO, FDA, dan regulator obat Uni Eropa, akhirnya publikasi penelitian ini dicabut.

Klorokuin atau Chloroquine

Obat Covid-19 yang Terbukti Tidak Ampuh (via K24klik)

Obat klorokuin ini digunakan untuk mengatasi malaria. Namun pada kasus covid-19, penggunaan obat ini dianggap membahayakan jantung. Maka dari itu klorokuin tidak boleh dikonsumsi lagi.

Oseltamivir

Obat Covid-19 yang Terbukti Tidak Ampuh (via CNN Indonesia)

Oseltamivir ini adalah antivirus untuk menyembuhkan influenza tipe A dan B. Namun sayangnya tidak berguna untuk menyembuhkan covid-19.

Plasma Konvalesen

Obat Covid-19 yang Terbukti Tidak Ampuh (via KlikDokter)

Obat covid-19 yang satu ini merupakan metode donor plasma yang mengandung antibodi. Obat ini terbukti tidak bermanfaat untuk mengatasi covid-19, karena itu WHO tidak merekomendasikannya.

Azithromycin

Obat Covid-19 yang Terbukti Tidak Ampuh (via WIRED)

Azithromycin merupakan obat yang digunakan untuk membunuh bakteri. Tapi sayangnya obat ini tidak bermanfaat untuk mengatasi covid-19 baik dalam skala ringan hingga sedang.

Nah, itu tadi daftar obat covid-19 yang terbukti tidak ampuh . Catat apa saja daftar obat covid-19 yang terbukti tidak ampuh yang sudah disebutkan tadi, ya, agar kamu bisa lebih berhati-hati.

Obat Covid-19 yang Terbukti Tidak Ampuh (via Kabar24)