Manfaat masker tomat, Ternyata Ajib Banget!

Manfaat masker tomat buat wajah kita ternyata memiliki segudang khasiat dan itu manjur banget buat kamu.

Buah tomat adalah buah yang memiliki nama latin solanum lycopersicum syn lycopersicum esculentum yang berasal dari daratan Amerika, tepatnya ada di Amerika tengah. Tanaman ini termasuk tanaman perdu karena ketinggianya cuma satu sampai dua meteran.

Manfaat buah ini sangat baik banget buat tubuh kita baik secara di konsumsi, maupun tidak. Tomat juga dapat dijadikan masker dan terbukti ampuh menuntaskan segala permasalahan di wajah.

Kuy kita simak Manfaat masker tomat yang ada di bawah ini.

1. Mengusir Jerawat di wajah

Manfaat masker tomat yang satu ini dapat mengusir jerawat, pasalnya tomat memiliki khasiat untuk mengusir jerawat, membuat kulit cerah, dan noda hitam bekas jerawat hilang adalah zat asam, vitamin C dan vitamin A.

Pengaplikasianya, dengan memakai masker tomat secara rutin (1-2 minggu) di wajah selama kurang lebih tiga puluh menit. Pembersihan sama dengan yang sudah dibahas di atas yaitu memakai air hangat yang diakhiri dengan bilasan air bersih.

2. Melindungi kulit dari sengatan matahari

Manfaat masker tomat yang kedua adalah untuk melindungi kulit dari sengatan matahari, pasalnya aktivitas di luar ruangan sering kali menyebabkan kulit khususnya kulit wajah terpapar sinar matahari terlalu sering. 

paparan sinar matahari merupakan radiasi UV yang sangat buruk bagi kulit. Tidak hanya itu, paparan sinar matahari berlebihan dapat membakar kulit sehingga menyebabkan iritas. 

Masker tomat mampu mengurangi iritasi penyebab sengatan sinar matahari khususnyapada kulit wajah.

Tomat dapat mengusir jerawat (Khoobsurati.com)

3. mengurangi kulit wajah berminyak yang berlebihan 

Manfaat masker tomat yang selanjutnya adalah untuk mengurangi minyak pada wajah, sebenarnya Kulit wajah yang berminyak dan berlebihan sangatlah tidak menyenangkan karena dapat menimbulkan bekas pada benda yang disentuh oleh wajah Anda. 

Selain itu kulit wajah yang berminyak juga dapat menyumbat pori-pori diwajah Anda dimana nantinya akan berkumpul banyak kotoran yang pada akhirnya akan berubah menjadi sebuah peradangan yang dinamakan jerawat. 

Gunakan sari tomat segar yang dipadukan dengan parutan mentimun segar untuk membasuh wajah Anda setelah Anda membersihkannya dengan sabun cuci muka. 

Ramuan sari tomat dan parutan mentimun segar tadi dapat senantiasa mengurangi produksi berlebih pada kelenjar minyak diwajah Anda.

4.  Mengecilkan Pori-Pori pada Kulit Wajah

Manfaat masker tomat selanjutnya adalah bisa mengecilkan pori-pori pada kulit wajahmu. Seperti yang kita tahu bahwa pori-pori yang membesar pada kulit wajah akan menyebabkan masuknya kuman, kotoran, dan bakteri ke dalam kulit yang bisa menyebabkan beberapa permasalah kulit wajah seperti jerawat. 

Masker tomat ternyata bisa kita manfaatkan untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah kita secara alami. Caranya adalah dengan mencampurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan perasan jeruk nipis. 

Oleskan ke seluruh area wajah dan gosokan perlahan dengan melakukan pijatan kecil. Diamkan selama 20-30 menit dan bilas menggunakan air hangat. 

Seletah itu bilas kembali menggunakan air dingin agar pori-pori yang telah ternutrisi kembali mengecil.

Minyak dapat dihilangkan dengan tomat (Youtube chanel YourHealth)

5. Mendinginkan kulit

Manfaat masker tomat yang terakhir adalah untuk mendinginkan wajah, faktanya Wajah yang biasanya terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung akan terasa panas dan tidak nyaman. 

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mendinginkannya ialah dengan menggunakan tomat. Caranya ialah mengompres wajah dengan irisan tomat atau tempelkan irisan tomat pada wajah dan diamkan selama 10 menit. 

Barulah bilas dan bersihkan dengan air. Kondisi dingin dan menyegarkan yang terjadi di wajah dikarenakan tomat memiliki kandungan vitamin C serta air yang banyak.

Jadi gimana gaes, manfaat masker tomat emang top banget kan? Jadi gimana mau coba masker tomat?

Tomat dapat mendinginkan kulit (trangdiemlamdep.vn)