Dulunya Seorang Marinir TNI dan Bertahan 2,5 Tahun, Tessy Srimulat Berhenti Karena Sang Ibu

Dulunya Seorang Marinir TNI dan Bertahan 2,5 Tahun, Tessy Srimulat Berhenti Karena Sang Ibu

Dikenal sebagai pelawak dengan ciri khas berdandan ala waria, siapa sangka jika komedian Tessy Srimulat dulunya merupakan seorang marinir TNI AL. Namun, Tessy hanya bertahan 2,5 tahun jadi tentara dan akhirnya memutuskan untuk berhenti.

Sebenaranya bukan tanpa alasan Tessy akhirnya memilih untuk tak melanjutkan kariernya sebagai tentara. Alasannya begitu menyentuh, yakni karena sang ibunda.

Hal itu dibeberkan komedian kelahiran 15 Juni 1942 itu dalam video di saluran YouTube Sule Production dengan judul 'Eksklusif, Tessy Ungkap Kondisinya Terkini!!' yang tayang pada 15 Februari 2022.

Dulunya Marinir

Sule yang berkunjung ke rumah Tessy bertanya tentang masa lalunya. Ternyata, Tessy dulu sempat menjadi tentara Kopral Satu Marinir. Namun, keputusannya menjadi tentara karena terpaksa.

"Mas Tessy ini kalau kita baca di Google, dia adalah seorang tentara," kata Sule.

"Begitulah kurang lebih. KKO, kalau sekarang marinir," kata Tessy.

"Kan seorang tentara, hebat dong. Kenapa nggak diteruskan menjadi tentara terus malah menjadi seorang pelawak?," tanya Sule lagi.

"Kalau kita bicara begitu panjang ceritanya. Singkat aja ya. Jadi, saya jadi KKO itu karena keterpaksaan," jawabnya.

Tessy Srimulat Ternyata Dulunya Seorang Marinir TNI (Instagram)

Begini Ceritanya

Tessy kemudian bercerita tentang keputusannya menjadi tentara. Rupanya hal tersebut karena ia merasa terpanggil untuk menjadi tentara berkat sang ayah.

"Mungkin panggilan darah kali ya, turunan. Bapak saya dulu ABRI, meninggal karena berjuang. Akhirnya saya terpanggil untuk menjadi tentara. Itu semua saya palsukan. Ijazah palsu, surat tanda bersih itu palsu, semua palsu," kata Tessy.

"Tanda tangan orang tua semua palsu, eh Alhamdulillah diterima. Tahun 1961. Jadilah tentara, cuma 2,5 tahun. Kenapa cuma 2,5 tahun? Itu juga ada sejarahnya," sambung dia.

Tessy Srimulat Ternyata Dulunya Seorang Marinir TNI (Instagram)

Niat Pamer, Tessy Justru Bingung

Setelah berhasil menjadi tentara, Tessy kembali ke rumah karena berniat pamer kepada sang ibunda. Kala itu ia menggunakan seragam tentara. Namun, ia mendapatkan respons tak terduga.

"Saya sudah dinas, saya pulang nih pamer ke ibu kan saya anak tunggal. Ibu nanya ke saya 'Kamu sayang ibu apa sayang kerjaan?', bingung dong saya. Terus saya mikir, dalam hati saya bilang sayang ibulah, apalagi saya anak tunggal," kata Tessy.

"'Kalau kamu sayang ibu, lepas pakaianmu. Kalau kamu sayang kerjaan, pergi dari rumah'. Ya udah saya dengan berat hati ya udah saya nggak jawab apa-apa lalu saya pergi," sambungnya.

Pilih Berhenti

Merespons perkataan sang ibunda, Tessy pun akhirnya memutuskan untuk berhenti menjadi tentara. Beragam cara ia lakukan agar bisa berhenti dan kembali ke rumah.

"Di situlah saya harus cari gimana caranya saya harus keluar. Iya kabur karena saya berusaha lepas baju. Nggak perlu diomongin kenapa saya keluar gitu karena ada, pokoknya keluar," jelasnya.

Komedian bermana asli Kabul Basuki itu kemudian berhasil berhenti menjadi tentara dan akhirnya memilih untuk menjalani karier baru sebagai pelawak seperti yang dikenal sampai saaat ini.

Tessy Srimulat Ternyata Dulunya Seorang Marinir TNI (Instagram)