Benarkah Lansia Tak Perlu Lagi Skincare dan Makeup, Pahami Dulu Yuk!

Ketimbang repot-repot melakukan perawatan, kebanyakan lansia akan menyerah dan memilih tampil apa adanya. Namun benarkah mereka tak lagi perlu melakukan perawatan?

Saat memasuki usia senja , banyak perubahan yang akan dialami manusia. Selain penurunan fungsi organ tubuh, salah satu hal yang sangat mengganggu adalah penuaan, misal kulit keriput, kusam, sehingga tak lagi menarik seperti sebelumnya. 

Melihat kondisi kulit yang mulai kusam dan tampak kendur, sebagiannya besar orang mungkin akan merasa putus asa. Ketimbang repot-repot melakukan perawatan dengan biaya mahal, kebanyakan justru akan menyerah dan memilih tampil apa adanya. Namun benarkah lansia tak lagi perlu melakukan perawatan?

Faktanya, hal itu sama sekali tidak benar. Ibarat menjaga kesehatan, merawat diri harus terus dilakukan hingga sepanjang usia. Terlepas dari apakah perawatan akan membuat seseorang terlihat cantik atau tidak, hal ini penting dilakukan untuk menghindari masalah tertentu, misalnya penyakit kulit, peradangan, hingga gangguan lain yang lebih serius.

Karenanya, skincare jelas bukan hal yang tak dibutuhkan lagi oleh lansia. Hanya saja, formula yang dibutuhkan mungkin berbeda dari anak muda karena kebutuhan kulit yang tak lagi sama. Untungnya, saat ini sudah banyak produk skincare untuk lansia yang tersedia di pasaran.

Skincare dan Makeup Lansia (via Okezone)

Lalu apakah seorang lansia juga perlu menggunakan makeup dan berdandan layaknya mereka yang lebih muda? Well, pastinya jawabannya adalah ‘iya’, namun dengan kondisi tertentu. Tampil menor memang bukan sebuah keharusan, tapi bukankah setiap manusia sebaiknya tampil sebaik mungkin demi menghargai manusia lainnya?

Skincare dan Makeup Lansia (via Klikdokter)

Ambil contoh saat kamu diundang ke perjamuan seorang teman. Bukankah tidak sopan jika kamu datang dengan penampilan asal-asalan? Pastinya pihak yang mengundang dan siapapun yang bertemu denganmu akan merasa terhormat karena bertemu dengan sosok yang menjaga penampilan.

Meski demikian, skincare dan makeup untuk lansia  mungkin tidak serumit mereka yang lebih muda. Tidak perlu terlalu berlebihan karena hal itu justru akan membuatmu terlihat ‘norak’. So, cobalah tunjukkan sisi terbaik dan jangan berhenti merawat diri sampai kapanpun.

Skincare dan Makeup Lansia (via Klikdokter)