Tanda-tanda bulan Ramadan akan tiba salah satunya dengan munculnya iklan sirup di TV. Sudah bukan rahasia lagi iklan produk sirup memang menjadi primadona saat memasuki dan saat bulan Ramadan di Indonesia.
Sebenarnya apa alasan iklan sirup selalu tayang di TV saat Ramadan? Seorang pakar komunikasi sekaligus dosen Periklanan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Diah Kusumawati memberikan alasannya.
“Karena menjelang Ramadan biasanya produsen ingin menanamkan kebutuhan akan sirup, untuk minuman berbuka, biasanya banyak hidangan khususnya minuman atau es yang pakai sirup,” kata Diah dilansir dari Brilio.
Apalagi sirup menjadi salah satu minuman yang paling dicari orang saat berbuka puasa, sesuai dengan tagline yang berkembang selama ini, “berbukalah dengan yang manis”. Selain itu iklan sirup bisa dikatakan menggunakan pendekatan khusus atau pendekatan fighting karena hanya dimunculkan pada bulan atau periode tertentu.
“Momen puasa sangat pas, menjanjikan karena kebiasaan masyarakat menyambut bulan puasa sangat luar biasa. Bukan cuma uat ibu rumah tangga di rumah tetapi pedagang-pedagang dadakan yang jualan di pinggir jalan,” terang Diah.
Banyak pedagang minuman untuk berbuka puasa pasti menggunakan campuran sirup sebagai pemanis dan membuat minuman yang mereka jual terasa sangat cocok diminum di momen buka puasa. “Karena saat Ramadan, pasar sirup sangat besar,” tambah Diah.
Iklan Sirup Sering Tayang di TV pada Bulan Ramadan, Ternyata Ini Alasannya (Tribun Bogor)
Tak dipungkiri meskipun biaya pemasangan iklan di TV setiap bulan Ramadan dipatok sangat mahal, namun produk-produk sirup tetap memilih memasang iklan di Ramadan karena dijamin produk-produk tersebut akan laris manis.
Tak hanya di bulan Ramadan saja, biasanya iklan sirup akan muncul dengan konsep yang berbeda saat memasuki momen Idul Fitri. Sirup menjadi salah satu produk yang dibeli orang untuk dijadikan minuman ketika berkumpul bersama di hari Lebaran.
Iklan Sirup Sering Tayang di TV pada Bulan Ramadan, Ternyata Ini Alasannya (YouTube)