Jangan Langsung Dibuang, 5 Tips Manfaatkan Make Up Kadaluarsa Agar Tidak Sia-sia

5 tips memanfaat make up kadaluarsa agar tidak terbuang sia-sia, mulai dari lipstick hingga toner.

Make up  menjadi salah satu benda penting yang digunakan kaum hawa untuk mempercantik diri. Mereka tidak ragu mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk make up terbaru. Namun hal ini justru membuat koleksi make up mereka bertambah dan melupakan make up yang sudah dibeli sebelumnya. Hingga akhirnya, make up yang dibiarkan itu memasuki tanggal kadaluarsa.

Kamu pun akan menghadapi kebingungan. Terkadang harga make up yang mahal membuat kamu sayang untuk membuangnya begitu saja. Tapi jika make up kadaluarsa itu digunakan bisa merusak kulit kamu. Solusi terbaiknya, kamu bisa memanfaatkan make up kadaluarsa untuk keperluan lainnya. Berikut ini tips memanfaatkan make up kadaluarsa yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Lipstick

Lipstick yang sudah meleleh, tidak aman lagi untuk diaplikasikan ke bibir. Agar tidak terbuang sia-sia, kamu bisa mencampurkannya dengan top coat atau kutek bening untuk mempercantik kuku kamu. Tidak hanya itu, lipstick juga bisa dimanfaatkan sebagai instant blush dan corrector saat melakukan make up di titik wajah seperti di bawah mata atau dark spot. Lipgloss pun bisa dipakai sebagai aplikator pada kelopak mata untuk tampil dengan glossy eyelid.

2. Maskara

Foto: Make Up Kadaluarsa (Beautynesia.id)

Maskara yang menggumpal sebenarnya masih bisa diselamatkan. Kamu cukup menambahkan 1 sampai 3 tetes obat mata. Tapi lain halnya jika mascara sudah kadaluarsa. Kamu bisa memanfaatkan brush mascara sebagai alat untuk merapikan bulu mata setelah menggunakan mascara. Kamu juga bisa menggunakan brush itu untuk merapikan atau menyisir alis. Tapi sebelumnya, kamu harus mencuci bersih brush terlebih dahulu menggunakan make up remover atau alkohol ya!

3. Eye Shadow

Foto: Make Up Kadaluarsa (KlikDokter)

Eye shadow yang sudah terlalu lama dipakai, bisa menjadi sarang bakteri yang terpapar dalam sebuah pallet eye shadow. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan make up kadaluarsa tersebut dengan membuat eye shadow menjadi bubuk terlebih dahulu. Lalu campurkan bubuk eye shadow itu dengan kuteks bening. Jadilah kuteks warna-warna baru untuk percantik kuku kamu.

4. Toner

Foto: Make Up Kadaluarsa (Kompas)

Toner umumnya digunakan sebagai pembersih untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah. Tapi jangan menggunakan toner jika sudah kedaluarsa karena dikhawatirkan bisa merusak kulit wajah. Daripada dibuang, manfaatkan make up toner kadaluarsa sebagai cairan untuk pembersih layar laptop, handphone, perabot rumah serta kaca agar terhindar dari bakteri karena kandungan alkoholnya. Namun jika toner tidak mengandung alkohol, kamu bisa manfaatkan sebagai pembersih tas atau sepatu berbahan kulit supaya tidak berdebu.

5. Krim Pelembab

Foto: Make Up Kadaluarsa (Stylo.id)

Krim pelembab atau moisturizer cream kadaluarsa bisa kamu manfaatkan sebagai masker untuk rambut. Namun pastikan untuk menggunakannya hanya di ujung rambut saja. Caranya, kamu cukup mengoleskannya ke ujung rambut kemudian bungkus dengan shower cap atau handuk sekitar 20 menit sebelum akhirnya bilas dengan air hangat sampai bersih. Selain itu, krim pelembab kadaluarsa juga bisa dipakai sebagai bahan pembersih tas, sepatu ataupun dompet berbahan kulit.

Foto: Make Up Kadaluarsa (KlikDokter)