5 Cara Menghilangkan Milia yang Benar dan Mudah

Cara menghilangkan milia, benjolan kecil-kecil mirip jerawat yang biasanya ada di sekitar bawah mata, hidung dan pipi.

Sebagian orang memiliki masalah beruntusan kecil di area wajah. Benjolan kecil-kecil mirip jerawat ini biasanya terdapat di sekitar bawah mata, hidung, dan pipi. Lalu, gimana sih cara menghilangkan milia ? Simak penjelasannya berikut ini, ya.

1. Tidak Memencet Milia

Cara menghilangkan milia yang terpenting bukan dengan cara memencet dan memecahkannya, lho. Kamu harus menahan diri untuk tidak mengutak-atik sel kulit mati yang menumpuk dan bercampur dengan sebum ini, ya.

2. Membersihkan Wajah Secara Rutin

Cara Menghilangkan Milia (via Popmama)

Milia bisa dihilangkan dengan menggunakan sabun dengan formula yang lembut dan sesuai dengan jenis kulitmu. Selain itu, sabun juga harus bebas paraben, ya. Penggunaan yang rutin akan membuat lapisan kulit teratas terkikis dan memudahkan milia untuk keluar.

3. Tidak Menggunakan Krim yang Kental

Cara Menghilangkan Milia (via Suara)

Penggunaan krim di area mata yang terlalu kental adalah salah satu penyebab timbulnya milia. Cara lain untuk menghilangkannya adalah dengan mengganti eye cream, serum, atau gel, dengan tekstur yang lebih tipis atau ringan. Penggunaan yang rutin dan konsisten akan membantumu mengatasi masalah ini.

4. Menggunakan Produk Eksfoliasi yang Aman 

Cara Menghilangkan Milia (via Blog Elevenia)

Produk eksfoliasi dapat mencegah produksi keratin berlebih dan mengangkat sel kulit mati. Tapi, penggunaan yang berlebihan akan memicu terjadinya pengelupasan kulit. Untuk itu, kamu hanya perlu menggunakannya sekali dalam seminggu.

Selain intensitas pemakaian, hal penting yang harus diperhatikan adalah kandungannya. Pilihlah produk eksfoliasi yang mengandung asam salisilat (BHA), asam sitrat, atau asam glikolat. Bahan ini bekerja di bawah lapisan kulit teratas dan bersifat larut dalam minyak.

5. Selalu Ingat untuk Menggunakan Sunscreen

Cara Menghilangkan Milia (via Klik Seleb)

Sunscreen adalah salah satu produk yang wajib digunakan karena melindungi kulit dari bahaya sinar UV, seperti terbentuknya noda hitam bekas milia. Pilihlah sunscreen dengan tekstur yang ringan dan mudah terserap kulit, ya.

Nah, sekarang sudah tahu, kan, bagaimana cara menghilangkan milia  yang benar dan mudah? Semoga membantu, ya.

Cara Menghilangkan Milia (via Harpers Bazaar Indonesia)