Fakta-Fakta Ngeri Kecelakaan AKP Novandi Arya, Anak Gubernur Kalimantan Utara Alami Luka Bakar 100 Persen

AKP Novandi Arya Kharisma dan Fatimah Az Zahra adalah dua korban tewas dalam kecelakaan Toyota Camry B-1102-NDY di kawasan Pasar Senen, Jakarta pada Senin (7/2) dini hari.

Kecelakaan  tragis baru-baru ini terjadi di Jalan Pasar Senen, Jakarta Pusat pada Senin (7/2) dini hari. Kecelakaan itu menewaskan dua orang, yang salah satunya adalah AKP Novandi Arya Kharisma, putra Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang.

Kondisi korban yang mengalami luka bakar parah membuatnya sulit dikenali. Sejumlah pihak berduka mendengar kabar kematian tragis ini. Seperti apa kejadiannya? Berikut fakta-fakta yang perlu kamu ketahui.

Kronologi

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengungkapkan kronologi sekilas kejadian tersebut. Semua berawal saat kendaraan Toyota Camry B-1102-NDY yang dikendarai korban tersebut melintas di kawasan Jalan Pasar Senen, dari arah selatan menuju utara.

Nahasnya, saat sampai di kawasan terminal bus Senen, kendaraan tersebut menabrak separator busway. Akibatnya dasbor mobil yang ada di bagian kiri kemudian terdorong ke dalam. Tak lama kemudian muncul percikan api dan mobil pun terbakar.

Korban Alami Luka Bakar 100 Persen

Kecelakaan AKP Novandi Arya Kharisma dan Fatimah Az Zahra (via Bisnis)

Saat dievakuasi, korban ditemukan meninggal dunia dengan luka bakar 100 persen. Hal ini membuat identifikasi sulit dilakukan. Namun setelah dilakukan pemeriksaan forensik dari gigi geligi, akhirnya identitas AKP Novandi Arya Kharisma. Setelahnya, identitas Fatimah Az Zahra juga berhasil dikenali berdasarkan properti yang melekat di tubuhnya.

Profil Korban

Kecelakaan AKP Novandi Arya Kharisma dan Fatimah Az Zahra (via Tempo)

Sebagaimana diketahui, korban pertama yang berjenis laki-laki adalah AKP Novandi Arya Kharisma (31). Dia adalah putra Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang. Dia adalah Kasar Polariud Polres Berau, Kalimantan Timur. 

Adapun keberadaannya di Jakarta adalah untuk mengikuti Pusdik Polair. Dia berada di Jakarta sejak Januari 2022, dan rencananya akan berada di ibu kota hingga menyelesaikan Pusdik Polair pada 10 Februari 2022.

Sementara itu, Fatimah Az Zahra adalah kader PSI Banjarmasin yang baru pindah ke Jakarta. Dia dikenal sebagai sosok yang aktif dalam kegiatan PSI. Kematian mereka menyisakan duka mendalam bagi orang-orang dekat.

Penyebab Kecelakaan

Kecelakaan AKP Novandi Arya Kharisma dan Fatimah Az Zahra (via Pikiran Rakyat)

Hingga saat ini, pihak yang berwajib masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kecelakaan. Meski demikian, bisa dipastikan bahwa mobil terbakar setelah menabrak separator busway. Diduga, pengemudi mobil kurang konsentrasi karena saat itu sudah dini hari.

Mobil Dikemudikan Fatimah Az Zahra

Kecelakaan AKP Novandi Arya Kharisma dan Fatimah Az Zahra (via Bhinneka Nusantara)

Penyelidikan juga mengungkapkan bahwa mobil nahas  itu dikemudikan oleh Fatimah Az Zahra. Hal ini terlihat dari bukti penemuan di TKP, mulai dari posisi korban hingga banyaknya barang-barang perempuan di sisi kanan mobil yang juga menewaskan AKP Novandi Arya Kharisma tersebut.

Kecelakaan AKP Novandi Arya Kharisma dan Fatimah Az Zahra (via Tempo)