Pesawat Boeing Terus Dikembangkan, Desain Terbaru Ini Bakal Meninggalkan Concorde Jauh di Belakang!

Pesawat Boeing terus menerus dikembangkan. Rencananya, perusahaan produsen pesawat sipil ini akan menciptakan teknologi yang bisa terbang di kecepatan hipersonik. Lebih cepat dari Concorde, gaes!

Kita mengenal pesawat Boeing sebagai pesawat yang digunakan untuk transportasi udara oleh masyarakat umum. Hampir seluruh maskapai penerbangan menggunakan pesawat ini. Oleh karena itu, Boeing sebagai perusahaan aviasi ini pun selalu berusaha untuk mengembangkan teknologi demi melayani kebutuhan masyarakat yang senantiasa berubah dari masa ke masa. 

Dalam konferensi Institusi Aeronautika dan Astronomika Amerika Serikat yang diselenggarakan bulan Juli lalu, perusahaan Boeing memperkenalkan desain pesawat terbang hipersonik. Menurut mereka, pesawat ini bisa mengantarkanmu ke lokasi manapun di seluruh dunia hanya dalam waktu satu hingga tiga jam.

Konsep desain pesawat itu lebih kecil dibandingkan pesawat Boeing yang lain. Selain itu, ujung depan pesawat yang meruncing, penambahan sayap delta dan siluet segitiga jika dilihat dari kejauhan, menyerupai bentuk pesawat Concorde, membuat pesawat ini bisa mencapai kecepatan hipersonik. 

Senior teknisi dan ketua tim riset dari pesawat Boeing, Kevin Bowcutt, mengungkapkan bahwa pesawat tersebut mampu terbang hingga kecepatan Mach 5 (sekitar 3,836 mil per jam). Capaian ini jauh lebih cepat dibandingkan kecepatan pesawat Concorde yang hanya mampu terbang di Mach 2. 

"Teknologinya tengah kami kembangkan. Dan kami bersemangat untuk menghubungkan dunia lebih cepat daripada sebelumnya," ungkap Kevin seperti dilansir dari Dezeen. 

Pesawat Boeing (instagram @boeing)

Meskipun desain ini sudah diperkenalkan, perusahaan pesawat Boeing menyatakan bahwa untuk saat ini belum memulai produksi. Melainkan, sedang mengembangkan teknologi yang tepat untuk desain itu. 

"Jika pasar dan pelanggan sudah siap untuk menikmati perjalanan menggunakan pesawat berkecepatan hipersonik, tentu kami akan memulai produksinya,"papar juru bicara perusahaan pesawat Boeing. 

Setelah mesin fly supersonik diproduksi masal pada tahun 2003, hanya sedikit pengembangan teknologi di bidang transportasi udara berkecepatan tinggi. Namun, kini tampaknya hal itu mulai berubah: dimulai sejak NASA meluncurkan proyek pesawat supersonic di awal tahun ini dan perusahaan baru bernama growth yang melakukan uji coba pesawat produksinya. 

Cargo Air Vehicle produksi Boeing (instagram @boeing)

Selain kedua institusi di atas, yang berlomba menciptakan transportasi udara berkecepatan tinggi, masih ada Virgin Galactic dan area X, yang menurut kabar berambisi untuk mengaplikasikan teknologi roketnya pada teknologi transportasi antar wilayah di bumi. Bahkan, Elon Musk, pendiri SpaceX, mengklaim jika teknologi buatan mereka "bisa mengantar orang dari kota manapun menuju kota manapun dengan waktu tempuh di bawah 1 jam." 

Thusly, untuk sementara waktu kamu belum bisa langsung menikmati pesawat ini. Masih diuji, baik teknologi maupun konsep rancangannya. Namun nggak perlu khawatir, tunggu saja beberapa tahun lagi. Tentu dengan catatan jika kalian memiliki uang yang cukup untuk menggunakan layanan dari pesawat Boeing ini, ya.

Pesawat Boeing yang mampu terbang di kecepatan hipersonik (instagram @boeing)