Lapar Mata Lihat Makanan, Jangan Sampai Sakit Perut Karena Kebanyakan Lho

Beberapa makanan di bawah ini malah bisa bikin sakit perutmu. Jangan lapar mata karena kelihatan lezat, konsumsi makanan-makanan ini dalam jumlah yang secukupnya. Kalau nggak mau hari-harimu cuma megangin perut aja kerjaanya.

Tiba waktu jam makan, mata biasanya berbinar-binar mantengin pilihan menu yang ada di gofood atau grabfood. Kira-kira mana ya yang akan mendarat manis diperut kita kali ini. Boleh-boleh aja sih lapar mata, tapi perlu diingat bahwa beberapa makanan bisa bikin perut sakit lho.

Makanan-makanan ini biasanya memicu peningkatan asam lambung. Kabanyakan karena mengandung lemak jenuh atau senyawa lain. Lantas apa saja makanan yang dapat menimbulkan sakit perut ini?

1. Gorengan

Sebenarnya bukan gorengannya yang bikin sakit perut. Namun minyak goreng yang masih menempel pada gorengan setelah matang. Tingginya lemak jenuh pada sisa minyak yang terdapat di gorengan dapat meningkatkan asam lambung.

Gorengan bikin sakit perut (doktersehat.com)

2. Roti tawar

Roti tawar bagi sejumlah orang kerap dijadikan alternatif pengganti nasi saat sarapan. Namun sebisa mungkin jangan terus makan roti untuk makan siang dan malam. Alasannya adalah roti tawar sulit untuk dicerna oleh perut karena sangat kaya serat dan tinggi gluten. Lambung akan bekerja ekstra keras jika kalian makan roti tawar terlalu banyak.

Roti tawar bikin sakit perut (greatlowcarb.com)

3. Sayuran

Sayuran seperti artichoke, kubis brussel dan brokoli sangat tinggi kandungan seratnya. Kalau kebanyakan makan sayur jenis ini justru bisa membuat sakit perut. Gejalanya antara lain diare, kembung, bahkan asam lambung juga bisa meningkat.

Sayuran bikin sakit perut (fineartamerica.com)

4. Kacang-kacangan

Jika roti dan sayur memiliki gluten dan serat yang tinggi, di dalam kacang-kacangan terdapat kandungan protein kompleks yang sulit dicerna menjadi kalori. Jangan terlalu banyak makan makanan yang mengandung kacang-kacangan seperti martabak bandung.

Makan kacang bikin sakit perut (healthline.com)

5. Es krim

Sama seperti gorengan, es krim juga mengandung lemak yang tidak sedikit jumlahnya. Apalagi jenis lemak es krim adalah lemak hewani dari produk susu yang dikenal sulit untuk dicerna oleh tubuh manusia. Efeknya jika kebanyakan bisa memunculkan refluks asam pada lambung.

Eskrim bikin sakit perut (taste.com)

6. Kafein

Kalian pasti paham jika mengkonsumsi kafein secara berlebihan akan menganggu sistem pencernaan seperti meningkatnya asam lambung. Namun yang jarang kalian tahu adalah dari mana sumber kafein. Ternyata bukan hanya kopi, kafein bisa berasal dari teh, soft drink, pil terjaga, hingga coklat.

Kopi dan teh bikin sakit perut (greatist.com)

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman ini ya gengs, jika nggak ingin sakit perut terus seharian kerjaan cuma pegangin perut aja. Makanlah secukupnya, nggak perlu lapar mata turun ke perut.