5 Jenis Olahraga Untuk Mengurangi Stres, Atasi Kecemasan dengan Cara Menyenangkan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stress, salah satunya dengan olahraga. Berikut 5 jenis olahraga yang bisa membantu meredakan stress.

Beberapa dari kamu mungkin pernah mengalami stres , baik karena tuntutan pekerjaan yang tinggi ataupun masalah lainnya. Tapi kamu tidak boleh stres terlalu lama karena hal ini bisa mengganggu kesehatan tubuhmu. Untuk itu, ada cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres, salah satunya dengan olahraga

Seperti yang diketahui, olahraga adalah aktivitas yang melibatkan fisik, sedangkan stres berhubungan dengan kondisi mental seseorang yang tidak jarang membuat mereka kesulitan makan dan tidur. Lantas apa saja jenis olahraga untuk menghilangkan stres? Berikut penjelasannya! 

1. Yoga

Yoga dikenal sebagai olahraga yang ampuh dalam hilangkan stres, karena berbagai postur melibatkan kekuatan tubuh dan pikiran. Saat melakukan gerakan-gerakan yoga, kamu juga dituntut untuk memfokuskan pikiran, sehingga secara perlahan pikiran kamu akan menjadi lebih tenang. Selain itu, yoga juga menggunakan teknik pernapasan dalam yang memicu respon relaksasi tubuh dan menjadi kunci untuk mengurangi stres. 

Sebuah penelitian menyebut bahwa yoga bisa mengurangi tekanan darah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk rutin melakukan yoga selama enam hari dengan durasi 35-40 menit perhari. Menurut beberapa ahli, hatha yoga adalah model yoga yang cocok untuk meredakan stres karena gerakannya mudah dilakukan dan berintensitas rendah. 

2. Tai Chi

Olahraga Untuk Stres (Alodokter)

Serupa dengan yoga, tai chi adalah jenis olahraga dengan teknik relaksasi tubuh yang mengandalkan gerakan tubuh menggunakan teknik pernapasan dalam. Walaupun gerakannya berakar dari seni bela diri, tapi tai chi juga bertujuan untuk menenangkan pikiran dan kondisi tubuh. Sehingga sangat baik untuk membantu menghilangkan stres. 

Selain mengurangi kecemasan, bela diri asal Tiongkok ini bisa juga meningkatkan stamina tubuh, fleksibilitas atau kelenturan serta keseimbangan. Ada juga beberapa manfaat lain dari olahraga tai chi yakni untuk kesehatan seperti membangun kepadatan tulang, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga meringankan gejala penyakit, seperti gagal jantung, radang sendi, dan fibromialgia.

3. Pilates

Olahraga Untuk Stres (KlikDokter)

Pilates adalah pilihan yang baik untuk menurunkan kadar kortisol atau hormon stres. Sejak dibuat pada 1920 silam, pilates sudah digunakan di seluruh dunia untuk meningkatkan kekuatan yang memiliki berbagai manfaat kesehatan mental. Rutin melakukan pilates juga membantu dalam pengobatan depresi dan kecemasan. Tidak hanya itu, pilates juga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot serta kelenturan dan daya tahan tubuh. Hal ini juga yang akan membuat tingkat stres berkurang. Selain mengatasi stres, pilates juga dipercaya dapat mengurangi nyeri di leher dan punggung.

4. Olahraga Bersifat Rekreasi

 

Olahraga Untuk Stres (Rukita)

Maksud dari olahraga yang bersifat rekreasi ini adalah olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan seperti voli, bulu tangkis, sepakbola, basket sampai tenis. Olahraga-olahraga tersebut harus dimainkan berpasangan sehingga kita bisa membangun ikatan dengan orang lain dan melepas hormone endorphin. Olahraga ini juga akan membuat jantung lebih sehat dan tekanan darah normal yang akan mendorong diri kita menjadi lebih kompetitif dalam mengumpulkan poin. 

5. Kickboxing

Olahraga Untuk Stres (Merdeka.com)

Rupanya, kickboxing juga merupakan salah jenis olahraga penghilang stres. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kickboxing dapat meningkatkan kualitas tidur dan kejernihan mental di malah hari. Selain itu, kickboxing juga membantu mempertahankan metabolisme tubuh, mengajarkan teknik pernapasan yang tepat dan membangun tingkat kepercayaan diri. Latihan yang membutuhkan banyak energi dalam olahraga kickboxing juga akan mendorong aliran endorfin dan mengurangi kecemasan. 

Olahraga Untuk Stres (Netralnews.com)