Nikmatnya Kkwabaegi, Donat Kepang Khas Korea yang Sering Muncul di Drama Korea

Nikmatnya Kkwabaegi, Donat Kepang Khas Korea yang Sering Muncul di Drama Korea

Pencinta drakor atau drama Korea pasti pernah melihat donat unik yang satu ini. Sudah tahu belum namanya apa? Yup, bener banget, namanya kkwabaegi.

Nah, bagi yang belum tahu, kwabaegi merupakan donat khas Korea Selatan berbentuk kepang. Meski bentuknya berbeda dari donat pada umumnya, tekstur dan rasa kkwabaegi sama dengan donat yang biasa kita makan, kok. Nggak cuma rasa, bahannya pun sama. Hanya saat membuatnya membutuhkan teknik khusus. 

Penasaran? Simak cara membuatnya berikut, ini!

Bahan Donat:

35 gram margarin

180 ml susu cair

2 sdm gula pasir

1 sdt ragi instan

250 gram tepung protein tinggi

1/4 sdt garam

Bahan Topping:

gula halus secukupnya

glaze aneka warna secukupnya

keju/meses secukupnya

 

Kkwabaegi, Donat Kepang Khas Korea (Pinterest)

Cara Membuat Kkwabaegi:

1. Pertama, campur tepung terigu dengan bahan kering lainnya.

2. Cairkan mentega dengan cara ditim. Siapkan wadah, lalu masukkan susu dan gula, aduk rata. Tambahkan mentega leleh, garam, dan ragi instan. Aduk lagi sampai tercampur, lalu sisihkan.

3. Selanjutnya, siapkan wadah dan masukkan tepung dengan cara diayak. Buat lubang di tengah adonan tepung agar mudah memasukkan adonan basah tadi. Kemudian, tuang adonan basah dan aduk dengan spatula.    

4. Setelah adonan terasa pas dan kalis, tutup wadah dengan plastic wrap atau serbet selama 45-60 menit. Setelah adonan mengembang dua kali lipat, buka plastiknya. Siapkan tempat untuk membentuk donat/mat, taburi dengan tepung. 

5. Setelah itu, bagi adonan menjadi 8 bagian. Buat adonan menjadi bulat dan letakkan di atas nampan. Diamkan kembali selama 15 menit tutup dengan plastik. 

6. Setelah 15 menit, ambil adonan, pipihkan dan bentuk kepang. Saat membentuknya, jangan terlalu ditekan agar bentuk kkwabaegi sempurna. Sisihkan adonan yang sudah dikepang di nampan yang dilapisi kertas roti. Diamkan kembali selama 15 menit.  

7. Berikutnya, siapkan wajan dan panaskan minyak. Masukkan adonan donat ke dalam minyak bersama kertas rotinya. Hal ini bertujuan agar bentuknya sempurna. Kemudian, ambil kertas roti dan balik donatnya. Goreng hingga kecokelatan. 

8. Setelah matang, angkat dan tiriskan donatnya. Goreng sampai adonan donat tadi habis. Setelah dingin, tambahkan topping sesuai selera. Sajikan kkwabaegi dengan topping.

Kkwabaegi, Donat Kepang Khas Korea (Pinterest)