Lagi Viral Nih, Sari Buah Pisang Cair Mengandung Narkoba? Simak Nih Faktanya

Sari buah pisang cair disebut mengandung narkoba yang membahayakan. Kabarnya tersebar lewat WhatsApp, namun polisi menemukan fakta sebaliknya.

Belakangan lagi viral nih. Katanya sari buah pisang cair mengandung narkoba? Bener gak sih?

Kabar itu viral berkat percakapan di media sosial WhatsApp. Kabar itu menyebut setelah mengonsumsi sari buah pisang cair, seorang bocah sekolah dasar (SD) mendadak lemas dengan bola mata yang mengarah ke atas.

Nationalgeographic.co.id kemudian memberitakan hal ini lewat sebuah pertanyaan besar. Sebenernya, bagaimana keadaan di lapangan soal sari buah pisang cair ini?

Kejadian ini kemungkinan besar menimpa anak SD yang pertama kali viral tersebut di Mojokerto, Jawa Timur. Kapolres Mojokerto AKBP Sigit Dany Setiyono mengatakan bahwa hal ini tidak benar. 

"Kabar yang beredar sola makanan atau minuman yang terindikasi adanya narkoba itu tidak benar. Yang benar, itu adalah jenis makanan baru yang bentuknya seperti buah pisang. Di dalamnya berisi cairan berbau harum seperti buah. Itu bukan makanan, melainkan parfum," jelas Sigit, sebagaimana dilansir dari Grid.id Rabu (11/10/2018) kemarin.

Penampakan sari buah pisang cair (Twitter @HaiMagazine)

Menurut Sigit, cairan tersebut tidaklah disemprotkan ke badan atau ke baju si anak SD itu. Ia justru menyemprotkannya ke dalam mulutnya. Demikian, siswa SD ini kemungkinan gagal paham soal produk berbentuk pisang ini.

Siswa itu lantas bereaksi terhadap cairan itu. Sigit juga menambahkan bahwa siswa yang gagal paham soal sari buah pisang cair itu sudah menjalani penanganan medis.

Siswa yang terdampak sari buah pisang cair (nationalgeographic.grid.id)

Kini, siswa itu sudah kembali mengikuti kegiatan belajar-mengajar. Dan orangtua siswa pun sudah dikabari terkait hal ini.

Kabar yang menyebar lewat pesan WhatsApp menyebut agar para orangtua berhati-hati. 

Pesan itu meminta agar menjaga anak-anaknya, sebab seorang siswa di SDN 2 Kemantren bersikap aneh setelah membeli sari buah pisang cair. Lewat pesan itu pula, barang itu dianggap mengandung narkoba seharga Rp2.000.

Pesan itu bahkan menyebut bahwa saat ini pihak kepolisian tengah memburu penjualnya.

Kabar yang tersebar lewat WhatsApp: HOAX! (Twitter @HumasPolsekDwar)