Merinding~ Bukti Kewalian Gusdur Salah Satunya Tampak Saat Beliau Beli Durian

Merinding~ Bukti Kewalian Gusdur Salah Satunya Tampak Saat Beliau Beli Durian

Sosok Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur adalah Presiden ke-4 yang punya citra luar biasa. Tak hanya kebijakan-kebijakannya yang selalu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan keberagaman, tapi juga kemampuannya yang istimewa dalam hal spiritual. Misalnya, bisa mengetahui peristiwa yang akan terjadi.

Kelebihan Gus Dur dalam hal spiritual itulah yang kemudian membuat banyak kalangan yang mengaguminya menyebut Gus Dur sebagai wali Allah.

# Pengalaman Gus Dur yang Membuktikan Kewaliannya

Salah satu pengalaman berkesan yang menunjukkan bahwa Gusdur adalah wali Allah adalah ketika ia melakukan lawatan kerja ke Kota Malang, Jawa Timur.

Saat itu, Gus Dur masih menjabat sebagai presiden. Di tengah perjalanan, tiba-tiba Gus Dur memerintahkan sopirnya berhenti untuk beli duren dulu. Karena Presiden sudah berujar, anak buah pun tak berani protes. Akhirnya rombongan kepresidenan berhenti semua. 

Setelah membeli durian, Gus Dur kemudian berkata, 

Gusdur Tidur ketika rapat (gusdurian.net)

“Yang di amplop itu berikan ke ibu ini!”

Sang Ajudan seperti tidak percaya dengan apa yang didengar.

Ajudan itu pun mendekati Gus Dur sambil berbisik.

“Pak, uang yang di amplop sepuluh juta.”

“Iya kasihkan semua!” suruh Gus Dur.

Akhirnya sang ajudan pun memberikan amplop kepada si penjual durian.

Keluarga Gus Dur (pinterpolitik.com)

Subhanallah, seketika si penjual durian yang notabene adalah seorang ibu paruh baya langsung bersimpuh di depan Gus Dur.

“Alhamdulillah… Yaa Allah, Terima kasih Pak Gus Dur. Tadi anak saya tidak bisa dibawa pulang dari rumah sakit, jika tidak bisa membayar uang sepuluh juta. Anak saya dirawat di rumah sakit,” kata ibu penjual durian itu.

Makam Gusdur dikunjungi Jokowi (nu.or.id)