Waspada! Ini Hal-Hal Sepele yang Bikin Leher Keriput

Sering kamu lakukan, ternyata kebiasaan-kebiasaan buruk ini bisa membuat leher cepat keriput. Bisa terjadi pada siapapun, lho!

Walaupun sudah melakukan perawatan maksimal, namun banyak di antara kita yang tak bisa menghindari masalah leher keriput . Bukan hanya orang berusia lanjut, hal ini juga bisa terjadi pada siapa saja, termasuk remaja.  

Leher keriput mungkin tidak membawa dampak signifikan pada kesehatan, namun akan cukup mengganggu penampilan. Parahnya, hal ini biasanya terjadi karena hal-hal sepele yang sebenarnya bisa kamu hindari. Apa saja? Simak ulasan berikut ini!

Merokok atau Terpapar Nikotin

Selain merusak paru-paru, kebiasaan ini ternyata juga bisa memicu penuaan dini. Kandungan nikotin dalam rokok akan mempersempitu pembuluh darah sehingga alirannya tidak lancar. Dampaknya, akan cepat kendur dan muncul garis penuaan, salah satunya di bagian leher.

Menunduk

Penyebab Leher Keriput (via KlikDokter)

Aktivitas ini pastinya sangat sering kamu lakukan sepanjang hidup. Namun tahukan kamu bahwa menunduk terlalu sering ternyata bisa menyebabkan leher keriput? Pasalnya, hal ini bisa mengurangi tingkat elastisitas kulit sehingga mengendur dan menimbulkan garis-garis keriput.

Pakaian Terlalu Ketat di Area Leher

Penyebab Leher Keriput (via tribunnews)

Tak hanya berpengaruh pada penampilan, pakaian yang kamu kenakan juga berdampak pada kesehatan kulit. Saat mengenakan baju yang terlalu ketat di area leher, pembuluh darah tertekan dan menyebabkan sirkulasi darah tidak lancar. Hal ini bisa mengurangi elastisita kulit sehingga menjadi kendur.

Faktor Makanan

Penyebab Leher Keriput (via Beautynesia)

Tidak bisa dipungkiri bahwa apa yang kita makan ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan kulit. Jika makanan yang dikonsumsi kurang bergizi, maka akan membuat kulit kusam, kendur, dan mengalami berbagai masalah. Karenanya, selalu perhatikan makananmu dan pilih yang memiliki kandungan nutrisi untuk kulit.

Itulah beberapa alasan kenapa kulit leher keriput  di usia mudah. Saat ini, sudah banyak perawatan yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kecantikan. Namun jika kamu masih melakukan kebiasaan buruk di atas, maka hasilnya tidak akan maksimal.

Penyebab Leher Keriput (via Harper's Bazaar)