COD Tapi Barang yang Dipesan Tidak Sesuai, Coba Deh Lakukan Hal Ini

Terjadinya sejumlah kasus tentang barang yang dipesan tidak sesuai dalam fitur terbaru di marketplace telah memicu keributan antara pembeli dengan kurir.

Layanan COD (Cash On Delivery) yang tersedia di marketplace beberapa kali malah menimbulkan masalah baru. Ditemukan sejumlah kasus barang yang datang dengan barang yang dipesan tidak sesuai. Hal ini seringkali memicu keributan antara pembeli dan kurir saat transaksi belanja online .

Pembeli yang merasa ditipu acapkali melampiaskan amarahnya kepada orang yang bertugas menerima biaya kirim langsung di tempat tersebut. Banyak video beredar menunjukkan aksi marah-marah salah sasaran itu. 

Padahal, seharusnya kurir tidak bertanggung jawab terhadap barang yang tidak sesuai itu. Kurir hanya bertugas mengantarkan barang dengan aman. Aksi memalukan seperti itu terjadi karena informasi yang tidak dipahami dengan baik oleh pembeli.

Nah, apabila kamu mengalami kasus serupa, jangan sampai melakukan hal bodoh dan memalukan seperti itu, ya. Yang perlu kamu lakukan adalah tetap membayar biaya kirim COD setelah menerima barang, kemudian kamu bisa melakukan komplain sesuai prosedur dari marketplace yang kamu gunakan.

Barang yang Dipesan Tidak Sesuai (via CekAja com)

Melalui fitur komplain, kamu akan dihubungkan langsung dengan penjual. Tapi perlu dicatat bahwa biasanya kamu juga harus menyertakan bukti berupa video. Untuk itu, banyak penjual yang memberikan catatan kecil di kemasan paket berupa peringatan kepada pembeli untuk mengambil video ketika membuka paket. Ini sangat penting bagi semua pihak untuk menghindari adanya penipuan.

Barang yang Dipesan Tidak Sesuai (via SmartLegal id)

Jika komplainmu diterima, kamu masih harus melanjutkan prosedur berupa pengembalian barang untuk mendapatkan barang yang seharusnya atau menarik kembali uang sejumlah harga barang yang telah kamu bayarkan.

Jadi, untuk mengatasi masalah barang yang dipesan tidak sesuai saat belanja online , jangan dengan marah-marah kepada kurir, ya. Tetap tenang dan lakukan sesuai prosedur yang tertulis di marketplace masing-masing.

Barang yang Dipesan Tidak Sesuai (via Ajaib)