Sosok Ini Selalu Berada di Samping Shin Tae-yong Hampir 24 Jam, Siapakah Dia?

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong memiliki seorang penerjemah bernama Jeong Seok-seo.

Jeong Seok-seo  adalah sosok pria asal Korea yang selalu setia mendampingi pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong  saat menjalani aktivitasnya. Jeong Seok-seo adalah penerjemah untuk Shin Tae-yong yang memang tidak bisa bicara dalam bahasa Indonesia. 

Tugas yang diemban Jeong Seok-seo tidak mudah. Selain harus menterjemahkan bahasa Indonesia kepada pelatih dan menterjemahkan bahasa Korea kepada pemain dalam waktu yang cepat. 

Dilansir dari CNN Indonesia, Jeong Seok-seo mengaku dirinya memang populer saat ini karena banyak yang mengetahui sosoknya. “Shin Tae-yong pernah bilang kepada saya, kalau saya bisa terkenal daripada dirinya,” kata Jeong Seok-seo sambil tertawa.

Jeong Saek-seo mengatakan ia sudah 2 tahun menjadi penerjemah bahasa untuk Shin Tae-yong. Waktu itu seorang temannya menawari pekerjaan tersebut dan ia tertarik untuk bekerja sebagai penerjemah. 

Apalagi sepak bola adalah olahraga yang ia gemari. “Tantangannya saya harus menjadi penerjemah dalam waktu yang cepat, bahasa yang digunakan juga harus dipahami pemain dan pelatih,” ujarnya. Jeong Seok-seo pun harus mengutarakan strategi dari pelatih kepada para pemain supaya tidak salah saat bermain di lapangan.

Jeong Seok-seo sudah 12 tahun tinggal di Indonesia. Ia pernah menimba ilmu di SMA  di Jakarta dan belajar bahasa Indonesia selama 2 tahun dengan membawa kamus setiap harinya. 

Jeong Seok-seo Penerjemah Shin Tae-yong (Indosport)

Menjadi penerjemah pelatih Indonesia adalah sesuatu yang membuatnya bahagia. Ia bersyukur sudah bekerja sama dengan Shin Tae-yong dan para pemain Indonesia. Pengalaman yang ia dapatkan sangat ia syukuri.

Tahun ini kontrak Jeong Seok-seo  sebagai penerjemah Shin Tae-yong  akan berakhir. Pihak PSSI sudah memberikan sinyal jika kontrak Jeong Seok-seo akan diperpanjang mengingat tugas Shin Tae-yong di timnas masih banyak di tahun 2022 dengan mengikuti banyak agenda pertandingan.

Jeong Seok-seo Penerjemah Shin Tae-yong (Bola.net)