Canggih, Ilmuwan Israel Berhasil Latih Ikan Mas untuk Jalan-Jalan Sendiri Pakai Alat Transportasi Ini

Canggih, Ilmuwan Israel Berhasil Latih Ikan Mas untuk Jalan-Jalan Sendiri Pakai Alat Transportasi Ini

Meskipun kedengarannya seperti sebuah dongeng, tetapi para ilmuwan di Universitas Ben-Gurion di Beersheba mengatakan mereka berhasil menunjukkan kemampuan ikan untuk bernavigasi di darat. Caranya dengan mengendarai "Kendaraan khusus untuk Dioperasikan Ikan" yang dirancang khusus di sekitar ruangan.

# Kendaraan Khusus Ikan

Percobaan tersebut dilakukan dengan memasukkan ikan ke dalam tangki yang terpasang pada peralatan beroda. Di alat tersebut, dipasang kamera yang melacak pergerakan ikan dan sistem komputer yang dirancang untuk merespons gerakan ikan. Jadi, ketika ikan bergerak menuju dinding tangki, ia akan menggerakkan kendaraan itu.

Yang menarik, enam ikan mas yang dilatih untuk menggunakan alat transportasi tadi, berhasil menemukan jalan mereka ke titik yang sudah ditentukan. Di titik itu, ikan mas tadi akan diberi reward atau hadiah berupakan makanan ikan.

Kendaraan transportasi untuk ikan (motorbiscuit.com)

Bahkan ketika ikan harus mulai menjalankan kendaraan dari titik berbeda di dalam ruangan, ikan akhirnya dapat menemukan jalan mereka ke titik 'reward', di mana ia tadi diberi hadiah makanan.

Dalam eksperimen tersebut, tampak bahwa si ikan “mampu mengoperasikan kendaraan, menjelajahi lingkungan baru, dan mencapai target, terlepas dari titik awal, sambil menghindari jalan buntu dan mengoreksi ketidakakuratan lokasi,” kata Shachar Givon dan Matan Samina, yang menerbitkan penelitian bersama dengan Ohad Ben Shahar dan Ronen Segev.

# Menambah Daftar yang Membuktikan Bahwa Hewan Bisa Mengoperasikan Kendaraan Bermotor

Studi ini menambah sekelompok kecil literatur di mana hewan memang bisa ditugaskan untuk mengoperasikan kendaraan bermotor. Sebuah eksperimen di masa lalu menunjukkan bahwa tikus dan anjing dapat berkeliaran di dalam mobil yang dirancang khusus.

Ikan mas jalan-jalan (ie.yahoo.com)

Dengan eksperimen ikan, para peneliti Beersheba mengatakan bahwa mereka telah menunjukkan bahwa keterampilan navigasi dapat ditransfer dari lingkungan laut ke lingkungan darat, tidak berbeda dengan penelitian serupa yang melacak perilaku hewan di lingkungan dengan gravitasi nol atau rendah.

Wah gila sih, keren banget penelitian ini. Siapa sangka ikan ternyata pintar juga. Lebih pintar lagi tentu yang bikin alat transportasi dan melakukan eksperimen ini ya. Hehehe

Maju terus ilmu pengetahuan!

Eksperimen lain soal binatang yang mengendarakan alat kendaraan (channelstv.com)