Fakta Menarik Tentang Burung Ababil, Burung Paling Bersejarah Dalam Agama Islam

Fakta Menarik Tentang Burung Ababil, Burung Paling Bersejarah Dalam Agama Islam

Burung Ababil adalah salah satu hewan yang bersejarah dalam perkembangan agama Islam. Burung Ababil muncul dan mengiringi kelahiran Nabi Muhammad SAW, yakni momen hancurnya pasukan gajah yang akan menyerang Ka'bah.

Gerombolan burung bersejarah ini disebutkan di dalam Al-Qur'an, tepatnya pada surat Al-Fil. Yuk, simak lima fakta burung ababil yang berhasil melenyapkan pasukan bergajah dari Yaman!

1. Burung Ababil Adalah Pasukan Khusus Yang Diciptakan Allah SWT

Nama burung ababil sendiri diabadikan dalam Al Quran surat Al Fil ayat 3. Ayat tersebut menjelaskan bahwa burung ababil adalah pasukan yang khusus diciptakan oleh Allah SWT untuk mengalahkan rombongan pasukan gajah dari Yaman yang berniat menghancurkan Ka’bah.

2. Setiap Burung Membawa Tiga Batu Kecil Dari Neraka

https://www.boombastis.com/

Cara burung ababil membinasakan pasukan bergajah adalah dengan melemparkan batu-batu panas. Dikisahkan bahwa masing-masing burung membawa tiga kerikil dari neraka, dua di kaki dan satu lagi di paruh. Kisah ini juga tertulis dalam surat Al Fil ayat ke-4, yang berbunyi:

Tarmiihim bihijaarotim ming sijjiil

Artinya: "Yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar."

3. Mampu Membumi Hanguskan Ribuan Pasukan Bergajah

https://lifeinsaudiarabia.net/

Pasukan bergajah yang ingin menghancurkan Ka’bah dipimpin oleh Abrahah. Ia adalah seorang panglima perang yang dikisahkan amat bengis dan sombong. Abrahah iri dengan keramaian Ka’bah dan Kota Makkah, yang selalu ramai dikunjungi orang untuk melakukan penyembahan. Gerombolan burung ababil melemparkan batu panas ke arah pasukan gajah, hingga mereka semua digambarkan binasa menyerupai daun-daun yang dimakan ulat.

https://www.youtube.com/