Hewan-Hewan Unik Ini Punah Gara-Gara Manusia... Apa Aja Sih?

Hewan-hewan unik ini pernah hidup di zamannya. Tapi sayang, mereka tak dilestarikan, jadi ya punah deh.

Hewan-hewan unik ini udah pada punah. Tapi beberapa kali diangkat jadi pembicaraan para peneliti, kenapa sih mereka pada punah?

Kabarnya, beberapa di antara mereka masih hidup. Tapi dalam jumlah yang kecil banget. Kebanyakan sih punah akibat perburuan hewan.

Lewat ulasan ini, kita mau ngulas hewan-hewan unik yang punah gara-gara manusia. Apa aja sih emang?

1. Moa

Moa adalah jenis burung atau unggas. Moa adalah burung raksasa, badannya gede banget. Doi gak bisa terbang dan hidup di wilayah Selandia Baru.

Sayangnya, mereka udah dinyatakan punah. Persisnya ketika suku Maori mendarat di sana. Tahun 1300-an silam, burung ini terus diburu. Parahnya, burung ini dinyatakan punah dalam kurun 100 tahun doang. Kasian yak....

Burung segede gitu gengs (dinosaur-home.wikia.com)

2. Tasmanian tiger

Hewan unik lainnya yang udah dinyatakan punah adalah Thylacine. Hewan itu punya nama lain, yaitu Tasmanian tiger, atau Tasmanian wolf.

Mereka punah akibat perburuan besar-besaran oleh para pendatang dari Eropa. Mereka diburu karena dianggap sebagai hewan pengganggu hewan ternak warga pendatang yang bermukim di sana jaman dulu. Namanya juga macan, ya pasti karnivora lah ya.

Hewan ini adalah hewan endemik Pulau Tasmania yang terletak di tenggara benua kecil itu. Laporan soal kepunahan mereka tercatat pada tahun 1936 silam.

Sekilas emang mirip macan, tapi kayak serigala juga ya (discoverthetarkine.com)

3. Pyrenian ibex

Waduh, susah ya namanya. Mereka adalah hewan yang tinggal di Pegunungan Pyrennes, Prancis. Nah, kehadiran manusialah yang katanya mendesak kehidupan damai hewan yang kayak kambing ini.

Pyrenian ibex terakhir di muka bumi bernama 'Celia'. Dia mati juga. Tapi Celia berhasil dikloning para ilmuwan. Sayangnya, hewan ini emang bener-bener harus punah deh. Kloningan Celia juga dikabarkan mati setelah 7 menit lahir kembali di dunia akibat gagal pernapasan.

Pyrenian ibex pun dinyatakan punah pada tahun 2000.

Sayang, hewan unik ini udah punah (csmonitor.com)

4. Quagga

Hewan ini punya nama lain Equus quagga. Ini adalah hewan unik yang keliatannya kayak blasteran kuda biasa dan kuda zebra. Lah, liat aja tuh kulitnya.

Quagga disebut-sebut hidup dan berkembang biak di Afrika bagian selatan. Tapi ternyata mereka diburu manusia terus-menerus. Tahun 1870, quagga terakhir yang hidup di Afrika mati ditembak. Sedangkan quagga terakhir yang bisa dilihat manusia, mati juga tahun 1883 di kebun binatang Amsterdam, Belanda.

Quagga kayak begini gengs, keren ya (animals.howstuffworks.com)

5. Great aux

Ini adalah hewan unik lainnya yang dianggap udah punah juga, great aux. Dia adalah jenis penguin endemik di Inggris. Kayak bebek, tapi kayak penguin juga ya.

Great aux dinyatakan punah tahun 1884 karena diburu oleh manusia. Tapi hewan ini tergolong misterius juga. Seorang peneliti dan penjelajah di Antartika menemukan hewan yang mirip great aux ini di sana. 

Apa berenang untuk menyelamatkan diri dari kepunahannya kali ya? Hmm....

Nah, itu dia hewan-hewan unik yang punah gara-gara manusia. Makanya, lestarikan kehidupan hewan-hewan yang sekarang masih ada. Kalo punah, mereka cuma jadi cerita kayak begini lagi gengs. Kan kasian mereka.

Kayak bebek, tapi kayak penguin juga (clayton88.blogspot.com)