Canggih! Layar Televisi Ini Bisa Dijilat dan Memiliki Aneka Rasa Seperti Makanan

Canggih! Layar Televisi Ini Bisa Dijilat dan Memiliki Aneka Rasa Seperti Makanan

Seorang profesor Jepang bernama Homei Miyashita, mengembangkan sebuah prototipe layar TV "yang dapat dijilat" dan dapat meniru rasa makanan.

Televisi ini diberi nama Taste-the-TV. Sebuah teknologi baru berbentuk sepuluh tabung menyemprotkan rasa ke "film higienis" yang digulung di atas layar untuk dijilat pemirsa.

Profesor dari Universitas Meiji ini menyarankan bahwa televisi ini bisa digunakan untuk melatih koki atau sommelier dari jarak jauh.

Jika dibuat secara komersial, TV tersebut akan berharga $875 (atau setara Rp12.481.175), ia memperkirakan.

# Tujuan Telvisi Ini Dibuat

Televisi dengan teknologi yang memanjakan indera perasa ini adalah penemuan baru yang sebelumnya gak terpikirkan. Ketika ditanya soal tujuan Profesor Homei Miyashita membuat TV ini, ia kemudian menjawab,

"Tujuannya adalah untuk memungkinkan orang mendapatkan pengalaman seperti makan di restoran di belahan dunia lain, bahkan saat tinggal di rumah," katanya.

Setelah penemuannya tersebut, Homei Miyashita kemudian terlibat dalam sebuah pembicaraan dengan produsen tentang kemungkinan kolaborasi dengan aplikasi lain dari teknologi penyemprotan rasa, seperti menambahkan rasa ke roti panggang.

taste-the-TV (sukabumiupdate.com)

# Terhubung dengan Dunia Luar Lewat Rasa

Menurut Profesor Homei Miyashita merasa di era Covid-19 seperti sekarang, teknologi semacam ini dapat meningkatkan cara orang terhubung dengan dunia luar. Ia memang membayangkan dunia "konten rasa" yang dapat diunduh ketika melakukan inovasi soal layar televisi ini.

Di Twitter orang bertanya-tanya apakah di tengah pandemi global adalah waktu yang tepat untuk meluncurkan Taste-the-TV. "Selama pandemi ini?" tulis salah satu, "Sangat mungkin membuat terobosan di masa corona :)" canda yang lain.'

Di masa lalu, Prof Miyashita dan murid-muridnya telah menghasilkan berbagai perangkat yang berhubungan dengan rasa, termasuk "garpu yang membuat rasa makanan lebih kaya".

Teknologi monitor TV yang memiliki rasa dan bisa dijilat (jawapos.com)

Beberapa jurnalis diperlihatkan bagaimana demonstrasi perangkat oleh seorang siswa. Dia memberi tahu mesin itu bahwa dia menginginkan "cokelat manis", dan setelah beberapa kali mencoba menyemprotkan sesuatu ke film plastik, perangkat itu benar-benar berasa seperti cokelat. "Ini seperti cokelat susu," katanya.

Wow! Keren juga ya, gak paham lagi kok teknologi sekarang semakin canggih aja.

Tampilan TV yang bisa dijilat (kaskus.co.id)