Jadi Favorit Banyak Orang, Apa Keunggulan Benda yang Terbuat dari Kayu?

Produk interior dengan bahan kayu kini menjadi favorit untuk menghiasi rumah, apa keunggulan benda yang terbuat dari kayu sehingga begitu diminati banyak orang?

Kayu  merupakan bahan organik, higroskopis, dan anisotropik. Sifatnya yang beragam membuatnya banyak digunakan sebagai bahan utama berbagai jenis benda sederhana hingga bangunan. Apa saja keunggulan benda yang terbuat dari kayu? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Tahan Listrik dan Panas

Sebagian besar kayu memiliki ketahanan yang alami terhadap konduksi listrik jika dikeringkan hingga tingkat kadar air standar. Kekuatan dan dimensinya tidak terpengaruh secara signifikan oleh panas, sehingga memberikan stabilitas pada benda, bahkan yang sebesar bangunan.

Dibutuhkan energi yang tinggi, hampir dua kalinya batu dan beton, untuk menaikkan atau menurunkan suhu kayu. Karena koefisien konduktivitas termal yang rendah, kayu banyak digunakan untuk benda-benda seperti korek api, gagang benda keras, hingga dinding.

2. Dapat Menyerap Suara

Apa Keunggulan Benda yang Terbuat dari Kayu (via Desain id)

Benda-benda yang terbuat dari kayu memiliki sifat akustik, sehingga dapat meminimalkan gema yang terjadi di sebuah ruangan. Kayu menyerap suara, bukan memantulkan atau memperkuatnya. Ini dapat dimanfaatkan untuk mengurangi tingkat kebisingan demi kenyamanan sebuah ruangan. 

3. Aman, Dapat Didaur Ulang, dan Terurai Secara Alami

Apa Keunggulan Benda yang Terbuat dari Kayu (via Archify)

Kayu tidak beracun dan aman untuk dipegang, bahkan memberikan manfaat kesehatan. Bahan ini juga menua dan terurai secara alami. Kondisi iklim alami membuat kayu rusak lebih cepat namun siklus terbarukan terjadi kembali. Siklus pemanenan dan regenerasi hutan untuk produksi kayu memastikan bahwa kayu akan terus ada.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa keunggulan benda yang terbuat dari kayu ? Tidak hanya itu saja, sebenarnya masih banyak lagi. Semua keunggulan dapat dipertahankan dengan menjaga tingkat kelembabannya.

Apa Keunggulan Benda yang Terbuat dari Kayu (via Nakita ID)