Deretan Cryptid Paling Terkenal di Afrika

Deretan Cryptid Paling Terkenal di Afrika

Cryptid adalah makhluk misterius yang melegenda, ada banyak macam cyrptid di dunia ini. Namun beberapa yang melegenda berasal dari Afirika. Berikut adalah beberapa cyriptid paling terkenal dari Afrika. 

Trunko 

Disebut cryptid yang pernah terdampar di pantai Margate, Afrika Selatan, pada tahun 1924. Trunko digambarkan sebagai sosok raksasa berwarna putih. Disebutkan tidak hanya satu orang yang pernah melihat Trunko ini. Panjangnya mencapai 12 meter, dengan ekor mirip udang, dipenuhi bulu dan berwarna putih. Ia juga memiliki gading. Bangkainya pernag terdampar di pantai selama 10 hari sebelum akhirnya membusuk. 

J’ba Fofi 

(Trunko via duniakriptiindonesia.com)

Konon cryptid satu ini tinggal di dalam hutan Kongo, Afrika. Penampilannya seperti laba-laba raksasa, namun lebih besar atau setara bahkan lebih dibandingkan manusia. Karena itulah dia diberinama sebagai J’ba Fofi, yang berarti laba-laba raksasa. Laporan mengenaik penampakan J’ba Fofi ini sudah ada sejak akhir abad 19 dan salah satu yang paling terkenal terjadi pada tahun 1938. 

Kongamoto 

(J’ba Fofi via whatculture.com)

Cyrtid diceritakan memiliki rupa seperti dinosaurus terbang. Makhluk ini dikenal oleh suku  Kaonde yang tinggal di Zambia dan Replubik Demokratik Kongo. Disebutkan makhluk tersebut sering menyerang suku Kaonde saat mereka menyeberangi rawa memakai perahu. Kongamoto dideskripsikan memiliki wujud merupai kadal raksasa dengan sayap kelelawar dan aktif di malam hari. 

(Kongamoto via pinebarrensinstitute.com)