Poster Tempat Wisata di Indonesia dari Zaman Kolonial hingga Kini, Menarik dan Keren Cuy

Tempat wisata di Indonesia sudah diakui sejak Zaman Kolonial. Posternya pun udah dibuat sejak pemerintahan kolonial. Penasaran?

Sejak kerajaan Belanda pertama kali memasuki wilayah Nusantara, mereka terpesona oleh keindahan alam dan sumber dayanya. Abad 16 belum ada mesin cetak poster. Namun, bukan poster tempat wisata di Indonesia yang membuat wilayah kita terkenal. Melainkan cerita dari mulut ke mulut masyarakat Eropa yang mengabarkan keindahan alam di wilayah Timur dari tempat mereka.

Manusia yang ramah, hutan hijau, serta pemandangan laut yang biru dan dipenuhi berbagai jenis ikan. Apalagi, setelah kongsi dagang VOC berdiri, kegiatan wisata menjadi salah satu roda penggerak ekonomi utama di Nusantara. Hingga saat ini pula, kan?

Menurut laporan dari penelitian sejarawan asal Perancis, Denys Lombard, keindahan dari poster tempat wisata Indonesia sudah menyebar di Eropa sejak akhir abad 19. Bahkan, pada tahun 1866, seorang bangsawan Perancis bernama Comte de Beauvoir mengungkapkan kekagumannya atas alam Nusantara dan menyebarkannya di kalangan bangsawan asal.

Sejak teknologi cetak poster ditemukan pada akhir abad 19, promosi keindahan alam Nusantara semakin gencar. VOC sudah bubar akibat defisit ekonomi setelah perang Jawa dan perang Aceh. Oleh karena itu, pemerintah Hindia Belanda yang memanen semuanya. Jalur pelayaran tersedia, tempat wisata pun juga tinggal didatangi saja. 

Tempat wisata di Indonesia (travellink-indonesia.com)

Memasuki masa kemerdekaan, menjadi babak awal dari perkembangan pariwisata Indonesia. Masa-masa awal kebangkitan pariwisata Indonesia di pemerintahan yang baru dimulai dengan pembangunan beberapa hotel bintang lima. Selain itu, pemerintah pusat pun juga menyebarkan poster tempat wisata di Indonesia ke berbagai negeri. Hal ini dilakukan tentu untuk meningkatkan jumlah wisatawan pengunjung.

Kini, kemerdekaan Indonesia sudah berumur 73 tahun. Sudah melewati 3 masa dan 7 presiden. Jumlah wisatawan yang mengunjungi obyek wisata maupun event tradisional pun selalu mengalami peningkatan.

Tempat wisata di Indonesia (informasiwisata.wordpress.com)

Menarik kiranya jika kita bisa merunut benang merah perkembangan pariwisata Indonesia. Dan lebih lengkap tentu dengan penambahan poster tempat wisata di Indonesia dari masa ke masa. Kalian penasara? Yuk simak uraian di bawah.

Poster kuno iklan pariwisata (pinterest.com)

Island of Romance

Poster di atas menyebut pulau Bali dan Jawa sebagai Island of Romance. Poster tempat wisata di Indonesia tersebut dikeluarkan oleh perusahaan kereta api Hindia Belanda. Keren, ya.

Island of romance (pinterest.com)

The Garden of The East

Poster ini juga dikeluarkan semasa pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Namun perusahaan yang menerbitkannya berbeda. Poster 'Visit Java' di atas diterbitkan oleh perusahaan milik pemerintah yang mengurusi bidang transportasi pariwisata. Kalo dibandingkan dengan perusahaan terkini, fungsinya mirip dengan agen wisata.

Visit Java (pinterest.com)

See Bali

Kalo ini sudah dikeluarkan setelah masa kemerdekaan Indonesia. Belum diketahui kapan tepatnya tahun pembuatan poster tersebut. Namun, jika melihat dari logo Garuda Indonesia yang bisa kita lihat, bisa diperkirakan jika poster ini dikeluarkan antara tahun 1949 hingga 1969.

See Bali (pinterest.com)

Hindu Temples in Central Java

Kekayaan Candi peninggalan Zaman Hindu di Jawa Tengah  telah diakui sejak lama. Dan kekayaan itu pula yang dijadikan tema promosi poster tempat wisata di Indonesia yang dikeluarkan oleh Menteri Informatika Republik Indonesia.

Candi Hindu di Jawa Tengah (pinterest.com)

Visit Indonesia

Poster wisata ini adalah poster resmi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata. Kalian mungkin sudah lihat, ya.

Nah, itulah beberapa poster tempat wisata di Indonesia dari masa ke masa. Unik dan menarik ya, gaes. 

Visit Indonesia (indonesiashoppingcenter.com)