Dongeng Legenda Lutung Kasarung

Dongeng legenda Lutung Kasarung emang udah terkenal banget. Kayak banyak legenda lainnya, tapi yang ini... Lutung Kasarung nih.

Pada suatu hari, Prabu Tapa Agung menunjuk Purbasari, putri bungsunya, sebagai pengganti. Sang raja hendak turun tahta karena sudah terlalu tua.

Mengetahui itu, kakak Purbasari, Purbararang, tidak setuju. Purbararang protes kepada ayahnya bahwa sebaiknya tahta itu diserahkan kepadanya. Tapi apa daya, keputusan ayahnya sudah bulat. Maka dari itu, Purbararang jadi punya niat jahat untuk mencelakai adiknya.

Purbararang kemudian menemui nenek sihir, dan si nenek sihir itu memantrai Purbasari. Akhirnya, muncul bintik-bintik hitam di kulit Purbasari. Karena itu, Purbararang jadi punya alasan untuk mengusir adiknya dari istana. "Orang terkutuk seperti itu tak pantas jadi seorang ratu!" kata Purbararang.

Purbararang menyuruh seorang Patih untuk mengasingkan Purbasari ke hutan. Di hutan, sang Patih membuatkanny sebuah pondok untuk Purbasari tinggal. Sang patih memperingatkannya untuk tabah dan bersabar, katanya, "Cobaan ini pasti akan berakhir."

Purbasari yang tinggal di hutan akhirnya punya banyak teman. Teman-temannya tentu saja hewan-hewan yang selalu baik padanya. Di antara sekian banyak hewan, ada seekor kera berbulu hitam yang misterius. Namun, kera itulah yang paling perhatian pada sang putri.

Ilustrasi Pangeran Purbararang yang mengusir Purbasari dari istana (Instagram @marthinolio)

Dialah Lutung Kasarung. Dia selalu membuat sang putri gembira. Dia selalu mengambilkan bunga-bunga yang indah, juga buah-buahan untuk Purbasari.

Dongeng legenda Lutung Kasarung berlanjut pada sikap aneh  lutung ini di suatu malam saat bulan purnama. Ia berjalan ke tempat sepi dan bersemedi. Ia memohon sesuatu kepada Dewa.

Tak lama kemudian, tanah di dekat Lutung merekah, dan terciptalah sebuah telaga kecil. Airnya jernih dan mengandung obat untuk menyembuhkan penyakit.

Mungkin kayak gini kali ya Lutung Kasarung (chasingmirages.com)

Besoknya, Lutung Kasarung menemui Purbasari dan memintanya untuk mandi di telaga itu. Purbasari menurutiya dan langsung menceburkan dirinya. Kulitnya yang berbintik-bintik hitam hilang dalam sekejap. Ia menjadi cantik kembali dan Purbasari pun gembira bukan main.

Dongeng legenda Lutung Kasarung pun beranjak pada cerita Purbararang ingin melihat kondisi adiknya di hutan. Namun yang terjadi, Purbararang justru kaget setelah tahu bahwa adiknya sudah terlepas dari kutukan.

Karena sang kakak tak ingin menanggung malu, Purbararang menantang adu panjang rambut dengan adiknya itu. Ternyata, rambut adiknya jauh lebih panjang darinya. Purbararang kalah oleh tantangannya sendiri.

Lutung Kasarung di sebuah telaga yang muncul setelah semedi (sputniknews.com)

Lalu karena tetap tak mau kalah, Purbararang malah mengajak Purbasari adu paras tunangannya. Purbararang menunjukkan paras ayu tunangannya, Indrajaya. Sementara, Purbasari mengajak Lutung Kasarung.

Purbararang menertawai si Lutung. Padahal, Lutung Kasarung sudah menolak ajakan Purbasari. Namun seketika, Lutung Kasarung bersemedi lagi, dan... berubahlah Lutung Kasarung sebagai pria yang tampan dan gagah.

Semua orang dari rombongan Purbararang mengakui ketampanan Lutung Kasarung. Akhirnya, Purbararang mengakui kekalahannya sejauh ini. Ia pun memohon maaf kepada adiknya dan memohon untuk tidak dihukum. Purbasari sendiri memaafkan kakaknya dan mereka semua kembali ke istana.

Ilustrasi Putri Purbasari (twitter)

Purbasari jadi seorang ratu dan didampingi si Lutung Kasarung yang telah berubah menjadi pria tampan itu. Hidup mereka pun bahagia selamanya.

Itulah dongeng legenda Lutung Kasarung yang terkenal dari Jawa Barat. Jadi intinya gengs... jodoh mah gak kemana. Mereka ada di sekeliling kita. 

Mungkin sedang dalam wujud lutung, tapi ternyata mereka... ya tetep lutung. Lutung sekarang kan gak bisa semedi kayak Lutung Kasarung, apalagi jadi ganteng banget! Cari yang orang beneran lah, hehehe.

Ilustrasi Purbasari dan Lutung Kasarung yang udah jadi manusia (Instagram @marthinolio)