Motif Simpel Batik Nusantara Ini Udah Jadi Favorit Mancanegara Dengan Harga yang Fantastis!

Motif Simpel Batik Nusantara Ini Udah Jadi Favorit Mancanegara Dengan Harga yang Fantastis!

Batik menjadi salah satu kekayaan budaya Indonesia yang patut untuk dibanggakan. Pasalnya batik-batik Indonesia sudah mampu menggaet pasar internasional. Bahkan, beberapa desainer fashion kelas dunia, menjadi salah satu importir batik nusantara.

Ada beberapa faktor kenapa batik-batik asli Indonesia bisa bersaing di mancanegara, salah satunya adalah motif. Beberapa kain batik dengan motif simpel batik nusantara bisa terjual dengan harga yang sangat fantastis. Hal ini didasari karena batik nusantara walaupun dengan motif yang simpel, tapi mampu menunjukkan identitas budaya Indonesia yang kuat.

Berikut beberapa motif simpel batik nusantara dengan harga yang fantastis, dan menjadi idola pasar mancanegara.

1. Batik Mega Mendung

Motif batik satu ini sangat terkenal di berbagai begara, bahkan disebut-sebut menginspirasi salah satu wardrobe kartun populer. Motif mega mendung merupakan ciri khas dari batik Cirebon, memiliki bentuk awan. Motif batik ini dipercaya berasal dari campuran antara kebudayaan Tiongkok dengan Jawa Barat. Selembar batik tulis halus Mega Mendung bisa dihargai hingga Rp 30 juta.

2. Batik Kawung

http://indahhhh.blogspot.com/

Batik kawung memiliki pola seragam, memiliki inspirasi dan kemiripan terhadap bagian tubuh serangga kumbang atau buah kolang-kaling. Kawung dipercaya sebagai satu dari sejumlah motif batik tertua di nusantara. Menurut sejarahnya, motif batik ini hanya boleh digunakan oleh lingkungan dalam kerajaan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Namun seiring perkembangan waktu, kini motif batik ini dikenal bahkan digunakan hingga ke luar negeri.

3. Batik Cenderawasih Papua

https://marinaelphick.com/

Motif batik Papua umumnya terinspirasi dari kekayaan alam dan budaya Papua. Motif batik Papua biasanya cenderung berwarna gelap dan dipercantik dengan gambar burung asli Papua yakni burung cenderawasih. Batik tulis cendrawasih harganya cukup mahal bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah.

4. Batik Sido Asih

https://bergaya.id/

Batik Sido Asih adalah batik dengan motif kuno yang dibuat sekitar tahun 1960-an. Satu lembar batik nusantara motif sido asih bisa dibanderoleh hingga Rp 50 juta karena merupakan salah satu motif batik nusantara yang sudah sulit ditemukan pada saat ini.

5. Batik Sulur Anggrek

https://www.bukalapak.com/

Motif sulur anggrek merupakan khas batik dari daerah Ciamis. Batik dari Ciamis umumnya tampil dengan motif yang lebih sederhana, namun tetap elegan dan penuh wibawa. Inspirasi motif ini berasal dari alam, mengungkapkan akan kesederhanaannya.

https://id.pinterest.com/