Ketahui Kaidah Struktur Cerpen Sebelum Mulai Menulis Ceritamu Sendiri

Ketahui Kaidah Struktur Cerpen Sebelum Mulai Menulis Ceritamu Sendiri

Cerita pendek pastinya sudah familiar sejak kita duduk di bangku SD. Beragam cerita pernah kita baca di buku, majalah atau tabloid. Tapi, apa sih perbedaan cerpen dengan cerita-cerita lainnya?

Cerpen adalah suatu karya sastra dalam bentuk tulisan yang mengisahkan cerita fiksi lalu dikemas secara pendek, jelas dan ringkas. Cerpen biasanya hanya mengisahkan cerita pendek tentang permasalahan yang dialami satu tokoh saja.

Pada umumnya permasalahan yang dikisahkan pada cerpen nggak terlalu rumit. Maka dari itu jumlah kata pada cerpen juga nggak terlalu banyak. Biasanya cerpen mengandung pesan dan amanat untuk para pembaca.

Dalam menulis cerpen, terdapat beberapa aturan yang harus diikuti agar cerita yang disampaikan tidak terkesan terpotong atau tergesa-gesa. Biasanya cerpen terdiri dari beberapa struktur yang diperlukan yang sangat diperlukan ketika menyusun sebuah cerpen. Berikut ini unsur yang membangun struktur penulisan teks cerpen:

1. Abstrak

Pendahuluan yang menyatakan serangkaian peristiwa yang menjadi inti pokok cerpen atau gambaran umum mengenai teks cerpen. Unsur ini bisa tidak ada dalam suatu teks cerpen (opsional).

2. Orientasi

https://www.pexels.com/

Latar cerita pendek yang menggambarkan waktu, tempat, dan suasana berdasarkan alur ceritanya.

3. Komplikasi

https://www.pexels.com/

Komplikasi menjelaskan tentang struktur yang berkaitan dengan pemaparan awal suatu masalah yang dihadapi oleh tokoh. Watak dari tokoh juga dijelaskan pada bagian ini. Selain itu pada komplikasi juga menjelaskan urutan kejadian yang berhubungan dengan sebab akibat.

4. Evaluasi

https://www.pexels.com/

Suatu bagian di mana sang tokoh utama sudah mencapai puncak atau klimaks dari permasalahan yang dialaminya dan sudah mulai mendapat titik terang.

5. Resolusi

https://www.pexels.com/

Resolusi merupakan bagian akhir permasalahan yang terjadi pada cerpen. Pada bagian ini terdapat penjelasan dari pengarang mengenai solusi permasalahan yang dialami tokoh.

6. Koda

https://www.pexels.com/

Koda merupakan nilai atau pesan moral yang terdapat pada sebuah cerpen yang disampaikan oleh penulis kepada para pembaca. Pesan moral yang disampaikan sesuai dengan jenis cerpen.

https://www.pexels.com/